Menu

Jangan Anggap Sepele! 7 Kondisi Kuku yang Jarang Disadari Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

21 Agustus 2023 15:00 WIB

Ilustrasi bercak putih pada kuku. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty tahu enggak sih, kuku bisa menjadi cerminan dari kesehatan tubuh. Kuku dengan kondisi tertentu rupanya bisa menjadi tanda masalah kesehatan dan mengungkap kondisi penyakit serius. Sebab itu, kamu pun enggak boleh anggap sepele bila menemukan hal janggal yang terjadi pada kuku jarimu.

Mungkin kamu sering menemukan bintik putih, semburat kemerahan, perubahan warna kuku, atau kuku yang tiba-tiba rapuh bukan? Hal tersebut memiliki artis tersendiri dari segi kesehatan.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/8/2023), tujuh kondisi kuku yang bisa menjadi tanda penyakit serius.

1. Kuku kuning

Mungkin tak sedikit di antara Beauty yang pernah mengalami perubahan kondisi kuku menjadi berwarna kuning. 

Umumnya, kuku kuning bisa disebabkan oleh faktor penuaan dan penggunaan kuteks yang rutin. Selain itu, kebiasaan merokok juga meninggalkan noda kekuningan pada permukaan kuku jari.

Bila kondisi kuku tebal, rapuh, dan berwarna kekuningan, ini kemungkinan terkena infeksi jamur. Namun, dalam kondisi tertentu, kuku kuning juga bisa menjadi pertanda dari sejumlah penyakit serius.

Mulai dari diabetes, penyakit paru-pari, bronkitis kronis, sinusitis, psoriasi, dan penyakit tiroid.

2. Kuku pucat

Kuku yang sehat akan memiliki warna merah muda demgan warna sedikit gelap pada bagian tepinya. Kuku dan ujung jari berarna pucat menjadi ciri dari kuku yang enggak sehat.

Kondisi kuku yang pucat terjadi akibat kurangnya asupan darah ke ujung bagian tubuh, Salah satu penyebabnya adalah anemia, yakni kondisi kurangnya kadar protein sel darah merah pengangkut oksigen alias hemoglobim (Hb).

Bukan hanya itu, masalah jantung juga bisa menjadi penyebab kuku dan ujung hari yang pucat. Sebab, kondisi ini membuat jantung enggak sanggup memompa darah ke ujung jari dan kuku.

3. Clubbing

Kondisi kuku ini disebabkan karena jaringan bawah kuku yang menebal dan ujung jari membulat serta membengkak. Ujung kuku tumbuh ke arah dalam mengikuti bentuk ujung jari.

Clubbing diduga sebagai hasil dari peningkatan aliran darah ke ujung jari yang merupakan kondisi turunan dan tidak berbahaya. Namun, jika tiba-tiba menyadari ada yang “aneh” dari kondisi ini, bisa jadi itu merupakan tanda kurangnya kadar oksigen dalam darah.

Kuku clubbing dalam kondisi ini bisa dikaitkan dengan penyakit paru-paru, sirosis, atau kanker.

4. Garis hitam pada kuku

Beauty, kalau sudah menemukan garis hitam vertikal di atas kuku, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya. Hal ini bisa jadi kamu mengidap kanker jaringan kulit melanoma.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit paling serius dan berbahaya. Melanoma ini berkembang dari melanosit, yang mana merupakan sel pigmen kulit yang berperan dalam menghasilkan melamin. 

Kanker melanona memang jarang terjadi, tapi akan sangat berbahaya kalau enggak segera ditangani. Bukan hanya di kulit, kanker melanoma ini terkadang juga bisa terjadi pada mata, hidung, dan tenggorokan.

5. Kuku berwarna biru

Kondisi yang satu ini bisa menjadi pertanda tubuh enggak mendapatkan cukup oksigen. Selain itu, ini juga bisa menjadi efek samping dari obat yang diminum.

Adapun penyakit yang bisa dideteksi lewat kondisi berwana biru di antaranya adalah penyakit paru-paru, gangguan jantung, infeksi bakteri pada kuku, atau penyakit wilson.

6. Kuku bergelombang

Beauty, kamu pernah memoerhatikan tonjolan atau riak di kukumu? Garis vertikal atau horizontal memberi tahu tentang kesehatan ginjal dan tulang.

Permukaan kuku yang bergelombang atau berlubang bisa menjadi tanda psoriasis atau radang sendi. Garis vertikal yang disertai dengan perubahan warna kuku juga bisa mengindikasikan anemia.

Sementara garis horizontal lebih parah dan bisa menunjukkan kondisi yang mendasarinya seperti penyakit ginjal. Namun, riak di kuku terkadang diwariskan dan menjadi menonjol seiring bertambahnya usia.

7. Kuku sendok

Atau yang dikenal dengan nama koilonikia ini merupakan perubahan bentuk kuku yang menjadi melengkung menyerupai sendok. Ini terjadi karena lempeng permukaan kuku menjorok ke dalam dan ujung-ujungnya bertumbuh ke luar.

Adapun penyakit yang bisa dideteksi lewat kondisi kuku sendok di antaranya seperti masalah jantung, penyakit Raynaud, atau hipotiroidisme, atau penyakit lupus autoimun.

Nah itu dia deretan penyakit serius yang bisa dilihat dari kondisi kuku. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan