Menu

Perlu Gak Si Adanya Bridesmaid Dalam Acara Pernikahan? Ini Faktanya!

19 Februari 2021 14:35 WIB

Ilustrasi pesta pernikahan. (unsplash/Álvaro CvG)

HerStory, Jakarta —

Pasti kamu sudah gak asing lagi ya dengan bridesmaid di acara pernikahan? Sebenanrnya perlu gak si adanya bridesmaid di acara pernikahan?

Hadirnya bridesmaid dalam sebuah acara pernikahan bisa terbilang penting atau pun gak penting tergantung bagaimana orang yang kamu pilih. Oleh sebab itu, kamu harus berdiskusi bersama pasangan untuk memutuskannya.

Sebenarnya banyak pendapatmengenai bridesmaid. Ada bridesmaid yang bertugas untuk membantu semua keperluan pengantin wanita, ada juga bridesmaid yang hanya menemani tetapi gak memiliki tugas tertentu.

Bridesmaid yang hadir hanya untuk menemani biasanya sahabat pengantin wanita, di mana orang-orang itu telah menampung suka duka pengantin wanita selama bertahun-tahun. Bridesmaid ini juga sebagai apreasi dan bentuk terima kasih dari pengantin wanita kepada sahabatnya.

Dilansir dari berbagai sumber (19/02/2021), ini lah fakta seputar bridesmaid

Sebenarnya Berasal dari mana Si Bridesmaid Itu?

Bridesmaid berasal dari tradisi romawi kuno yang sekarang sedang digandurungi oleh masyarakat Indonesia pada acara pernikahan. Pada jaman romawi kuno, bridesmaid berada di sekitar pengantin wanita yang dipercaya dapat mengelabui roh-roh jahat yang akan menganggu penganti ketika sedang menyuarkan iklar pernikahan.

Gak hanya sebagai pemanis acara pernikahan, bridesmaid pun punya tugas tersendiri. Adapun tugas bridesmaid yang biasanya dilakukan di luar negeri yaitu membantu persiapan pernikahan, menemani dan mendengarkan curhatan pengantin, menjaga barang-barang pengantin, memastikan para pengantin gak kelaparan saat acara, menghadiri semua acara pernikahan, menyambut tamu, dan lainnya.

Sebelumnya di Indonesia sendiri, bridesmaid hampir sama dengan pagar ayu. Namun keduanya ternyata berbeda. Kalau pager ayu adalah pengiring pengantin wanita, dan yang biasanya jadi pager ayu adalah keluarga saja.

Seragam Bridesmaid

Oleh karena itu bridesmaid dalam acara pernikahan akan memakai baju yang sama. Kalau di Indonesia sendiri, bridesmaid akan memakai kebaya dan kain songket, ada pula yang memakai gaun, dan lainnya. Jika gak memakai baju dengan model yang sama, biasanya bridesmaid akan mengenakan baju dengan warna yang sama.

Agar pakainnya senada, baju bridesmaid biasanya dibelikan oleh pengantin. Di sini pengantin akan bisa memberikan satu set kebaya atau hanya bahan kainnya dengan warna yang sama agar model kebayanya bisa disesuaikan sendiri oleh selera masing-masing bridesmaid.

Biasanya bridesmaid berjumlah minimal 5 orang hingga gak terhitung sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengantin. Namun sebenarnya 5-8 orang saja pun sudah cukup.

Jadi pentingnya kehadiran bridesmaid dalam sebuah acara pernikahan itu tergantung bagaiamana keputusan pengantinnya.