Menu

Si Kecil Banyak Khasiat! Ini 5 Manfaat Ketumbar yang Jarang Diketahui Baik Bagi Kesehatan Wanita, Bantu Jaga Area Kewanitaan

22 Agustus 2023 12:00 WIB

Kolase biji lada dan biji ketumbar (Berbagai sumber)

HerStory, Jakarta —

Kecil-kecil mengandung banyak khasiat, itulah ketumbar. Bumbu dapur yang satu ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk kesehatan wanita.

Rempah yang biasa digunakan dalam berbagai jenis makanan ini terdapat beberapa kandungan yang luar biasa untuk tubuh. Seperti kandungan antioksidan, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, potasium, hingga tiamin.

Dalam kesehatan wanita, bumubu dapur pemilik nama ilmiah Coriander seeds ini dipercaya dapat menjaga daerah kewanitaan, seperti mengurangi keputihan dan merapatkan Miss V.

Disebut dalam laman Healthline, kandungan antioksidan dan antimikroba yang ada pada biji ketumbar disebut ampuh mengatasi infeksi jamur serta bakteri yang menggangu kewanitaan.

Berikut ini HerStory rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/8/2023), deretan manfaat biji ketumbar bagi kesehatan wanita.

1. Mengatasi masalah keputihan

Keputihan merupakan kondisi ketika vagina mengeluarjan cairan berwarna putih yang disebabkan infeksi jamur atau bakteri. Keluarnya cairan keputihan kadang kala menggangu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasinya, kamu dapat minum ai rebusan ketumbar rutin dalam seminggi. Sebab, salah satu manfaat ketumbar adalah menghilangkan keputihan.

2. Menurunkan berat badan

Tak sedikit di antara wanita yang tentunya mendambakan berat badan ideal. Sehingga, beragam jenis diet pun kerap dilakukan dei mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. Ketumbar dapat membantu menurunkan berat badan. 

Pencernaan yang buruk dapat menyebabkan penambahan berat badan, karena tubuh tak dapat menyerap dan mengasimilasi nutrisi dengan baik. 

Selain itu, ada kemungkinan tubuh tak dapat menghilangkan limbah secara efisien. Hal ini dapat memperlambat laju metabolisme, yang membuatnya lebih sulit untuk membakar kalori dengan benar.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan air infus daun ketumbar untuk menggantikan semua minuman berkalori tinggo.

Celupkan beberapa daun ke dalam gelas berisi air dan konsumsi minuman rendah kalori ini sepanjang hari. Gampang banget kan?

3. Mengatasi masalah kulit

Ketumbar memiliki beberapa manfaat untuk masalah ruam ringan seperti dermatitis. Dalam sebuah penelitian, ekstrak ketumbar dapat digunakan bersama senyawa menenangkan lainnya sebagai pengobatan alternatif dari masalah kulit ini.

Dalam studi lain mencatat, antioksidan dalam ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan percepatan penuaan kulit serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet B.

Selai itu, banyak orang memanfaatkan jus daun ketumbar untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, pigmentasi, sifat berminyak, atau kekeringan.

4. Menyehatkan usus dan sitem penceranaan

Selanjutnya, ketumbar dipercaya dapa menyehatkan usus dan sistem pencernaan.

Minyak yang diekstrak dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan agar lebih sehat. Ketumbar merangsang enzim pencernaan yang dikenal dapat meningkatkan sistem pencernaan tubuh. 

Sebuah studi yang dilakukan selama 8 minggu pada 32 orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) menemukan, 30 tetes obat herbal yang mengandung ketumbar yang diminum tiga kali sehari secara signifikan mengurangi sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Itu dia deretan manfaat ketumbar bgi kesehatan wanita. semoga bermanfaat!