Menu

Penderita Anemia Merapat! 5 Buah Ini Bisa Bantu Tingkatkan Hemoglobin Lho, Cuss Cek

22 Agustus 2023 15:35 WIB

Ilustrasi jus delima. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kondisi anemia sangat membuat aktivitas gak nyaman karena umumnya, ini disertai gejala seperti pusing hingga mual. Anemia disebabkan jumlah sel darah merah atau hemoglobin yang lebih sedikit. 

Akibatnya, tubuh gak mendapatkan cukup oksigen, mengakibatkan disfungsi berbagai organ. Jumlah sel darah merah yang lebih sedikit berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. 

Sebenarnya, anemia dapat diobati melalui perubahan pola makan sederhana lho, Beauty. Bahkan, terdapat buah-buahan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu meningkatkan hemoglobin. 

Berikut ini daftar buah-buahan untuk bantu meningkatkan heboglobin sebagaimana sudah HerStory kutip dari NDTV, Selasa (22/8/2023).  

1.Delima

Tahukah Beauty, delima merupakan salah satu buah terbaik untuk membantu meningkatkan jumlah darah. Demila mengandung tinggi zat besi yang dibutuhkan darah, serta berbagai vitamin lainnya, termasuk A, C, dan E. 

Asam askorbat dalam buah ini juga meningkatkan kandungan zat besi yang mengatur jumlah darah. Jika kamu tak suka mengonsumsinya secara langsung, buah delima bisa diolah menjadi jus dengan tambahan madu. 

2. Pisang 

Super food satu ini memang menjadi solusi berbagai penyakit. Salah satu kandunan penting dari pisang adalah zat besi. 

Gak heran, Beauty, jika buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi orang anemia karena bisa membantu mendukung pembentukan hemoglobin atau protein. 

Cara kerjanya, pisang merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Bersama dengan zat besi, pisang juga membuat sumber asam folat yang baik untuk pembentukan sel darah merah.

3. Apple 

Buah lainnya yang juga bisa mengatasi anemia adalah apel. Apel sumber zat besi yang tinggi untuk pembentukan komponen hemoglobin. 

Mengonsumsi, setidaknya 1 apel setiap hari membantu pembentukan sel darah merah secara optimal sehingga membantu mengobati anemia. 

4. Prune 

Buah ini mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sebagai informasi, prune merupakan plum kering yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk mengatasi anemia. 

Plum dikemas dengan vitamin C dan zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin. Selain itu, plum juga sumber magnesium yang tinggi, untuk stimulasi sel darah merah. Magnesium juga membantu mengatur aliran oksigen dalam tubuh.

5. Jeruk 

Tubuh memerlukan vitamin C yang berguna untuk antioksidan sebagai penangkal berbagai penyakit. Nah, jeruk kaya akan vitamin C serta zat besi yang membangun sel darah merah. 

Vitamin C membantu menyerap zat besi dan selanjutnya mencegah duplikasi sel darah merah yang rusak.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani