Menu

Beauty, 6 Hobi Ini Bisa Bikin Cerdas, Apakah Hobimu Salah Satunya?

22 Februari 2021 14:30 WIB

Ilustrasi ibu dan anak sedang melakukan olahraga yoga (wellnessliving.com/Edited by Herstory)

HerStory, Bandung —

Beauty, kamu pasti punya suatu hal yang kamu gemari bukan? Bahkan, anak-anak pun punya hal-hal tertentu yang mereka gemari atau kerap disebut sebagai hobi.

Berbicara mengenai hobi, ternyata ada beberapa kegiatan yang bisa membuatmu lebih cerdas. Dilansir dari berbagai sumber, (22/02/2021) enam hobi ini nggak cuma menyenangkan, tetapi juga dapat membuat otakmu menjadi lebih cerdas. Yuk simak selengkapnya!

1. Membaca

Membaca dapat meningkatkan memori di otak, membangun sistem saraf di otak, dan melatih bagian otak yang meningkatkan imajinasi. Banyak membaca juga dapat membuat seseorang memiliki banyak pengetahuan tentang berbagai macam hal.

2. Bermain musik

Bermain musik dapat meningkatkan fungsi kognitif, memori, logika, dan pengenalan terhadap pola. Ilmuwan juga percaya bahwa bermain musik dapat membuat siswa lebih baik dalam matematika linear dan pemecahan masalah.

3. Berolahraga

Berolahraga dapat memproduksi protein di aliran darah. Ketika darah dipompa melewati otak, sel-sel menyerap protein yang membantu meningkatkan memori dan fokus.

4. Belajar bahasa

Belajar bahasa baru selain dapat membuat seseorang berkomunikasi lebih mudah juga memiliki efek yang positif ke otak. Seseorang yang menguasai lebih dari satu bahasa biasanya mempunyai kemampuan untuk fokus pada beberapa hal pada waktu yang bersamaan.

5. Bermain games

Bermain games ataupun puzzle dapat melatih otak untuk terus berpikir logis. Ketika bermain, otak juga menyerap pengetahuan baru yang mengakibatkan terbentuknya suatu hubungan saraf di dalam otak.

6. Yoga dan meditasi

Kebiasaan melakukan yoga dan meditasi membuat seseorang untuk lebih dapat mengontrol pikirannya. Kontrol ini dapat membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan juga memori.

Nah itu dia enam hobi yang bisa membuat otak lebih cerdas. Apakah hobimu salah satunya??