Menu

Punya Banyak Masalah Rambut? Coba Atasi dengan Pakai Minyak Kelapa Aja, Ini 3 Manfaatnya!

27 Agustus 2023 17:00 WIB

Rambut berketombe (Magazine/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, minyak kelapa digunakan dalam produk perawatan rambut. Hal ini karena minyak kelapa untuk rambut dipercaya memiliki banyak manfaat.

Minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat. Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus.

Jadi, minyak kelapa merupakan minyak terbaik untuk mencegah hilangnya protein rambut, sehingga membuatnya tampak lebih sehat.

Yuk, intip beberapa manfaat menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut. Penasaran? Simak baik-baik nih, Beauty!

1. Mencegah kutu

Sebuah penelitian menemukan bahwa campuran minyak kelapa 40 persen dengan ada manis, lebih efektif dalam mengobati kutu rambut. Itu dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia permethrin.

2. Menghilangkan ketombe

Ketombe bisa disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan jamur atau ragi di kulit kepala. Manfaat minyak kelapa untuk mengatasi ketombe karena memiliki sifat antimikroba.

Sebuah studi menemukan bahwa aplikasi topikal kelapa ke kulit kepala memiliki manfaat antijamur. Ini juga mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dan mengurangi pengelupasan kulit kepala.

3. Mencegah kerontokan rambut

Menurut penelitian tahun 2015, para penelitia mencatat bahwa minyak kelapa mirip dengan protein rambut alami dan memiliki kemampuan unik untuk meresap ke batang rambut.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak kelapa untuk mengatasi masalah rambut. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Pilihan