Menu

Dear Moms, Ini 6 Tips Menerapkan Gentle Parenting dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak, Yuk Intip!

28 Agustus 2023 16:15 WIB

Ilustrasi momen bonding orangtua dengan anak (Sumber/Wavebreakmedia)

HerStory, Jakarta —

Ada berbagai macam metode atau cara mendidik anak yang dapat diterapkan orangtua, salah satunya adalah gentle parenting.

Gentle parenting merupakan jenis pola asuh yang bisa diterapkan orang tua dengan tujuan anaknya kelak bisa menjadi seseorang yang berani dan mandiri.

Pola asuh ini akan menemani tumbuh kembang anak dengan empat prinsip utama yaitu empati, rasa hormat, pengertian dan juga memiliki batasan. 

Dikutip dari beberapa sumber, inilah tips menerapkan gentle parenting lengkap dengan manfaatnya.  

1. Kurangi sikap menuntut kepada anak

Tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan gentle parenting adalah dengan mengurangi sikap menuntut kepada anak. Tuntutan yang diberikan umumnya akan membuat tekanan atau menyulitkan anak dalam beraktivitas. Sehingga, anak akan cenderung murung dibandingkan bahagia. Kurangi tuntutan pada anak dan usahakan dukungan yang dioptimalkan dalam tumbuh kembangnya. 

2. Ajari anak untuk tetap bersikap tenang

Selanjutnya, salah satu tips menerapkan gentle parenting adalah dengan mengajari anak untuk menanamkan sikap tenang di setiap masalah yang dihadapi. Tujuannya, agar anak lebih berani memutuskan pilihan ataupun mengambil tindakan dengan tepat dan dalam keadaan tenang. Selain itu, gentle parenting juga merupakan metode yang cukup ampuh untuk meminimalisir anak tantrum di usia dini.

3. Berikan contoh penyelesaian masalah dengan sikap yang tepat

Kemudian, sebagai orang tua, kamu perlu berikan contoh kepada anak seperti apa penyelesaian masalah dengan sikap yang tepat. Karena 90 persen sikap anak akan mengikuti bagaimana orang tuanya berperilaku. Sehingga, apa yang para orang tua terapkan tentu akan dicerna dan diterapkan juga oleh anak.

4. Menjelaskan ekspektasi kepada anak

Kemudian, tips yang juga cukup penting untuk menerapkan gentle parenting adalah menjelaskan ekspektasi kepada anak. Pasalnya, anak yang sudah ditanamkan harapan atau tujuan hidup di masa yang akan datang, cenderung fokus dengan tujuannya tersebut. Sehingga, penting untuk membicarakan masa depan anak sedini mungkin agar apa yang dilakukan tidak jauh dari garis tujuan. 

5. Membuat perencanaan tentang apa yang akan terjadi sesuai yang dikerjakan

Membuat perencanaan tentang apa yang dialami sesuai dengan apa yang dikerjakan juga merupakan salah satu tips menerapkan gentle parenting. Tujuannya adalah agar anak berpikir secara panjang, rasionalis, juga tepat dalam mengambil keputusan.

Dengan mengetahui risiko ataupun hal yang ia dapatkan jika melakukan suatu hal akan meminimalisir anak untuk melakukan hal yang negatif atau merugikan. Untuk itu, penting dalam menganalogikan banyak sebab dan akibat dari suatu hal kepada anak. 

6. Konsisten temani tumbuh kembangnya dengan batasan yang ada

Terakhir, konsisten temani tumbuh kembang anak juga penting dan menjadi salah satu tips menerapkan gentle parenting. Pasalnya, anak yang kekurangan salah satu figur orang tua tentu tidak akan berhasil secara maksimal. Sehingga, peran orang tua sangat penting untuk jiwa dan juga keperibadian anak. 

Manfaat Gentle Parenting:

  • Anak mudah berempati
  • Hubungan positif orang tua dengan anak
  • Upaya motivasi untuk anak
  • Anak dapat mengontrol emosi
  • Anak memiliki kemampuan sosial emosional yang lebih baik
  • Mengurangi risiko kecemasan pada anak.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya

Artikel Pilihan