Menu

Usung Konsep Maharani, Ivan Gunawan Siap Tampil di New York Fashion Week The Shows, Bagaimana Persiapannya? Yuk Intip Moms!

30 Agustus 2023 12:30 WIB

Usung Konsep Maharani, Ivan Gunawan Siap Tampil di New York Fashion Week (NYFW) The Shows (edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak hanya mengikuti ajang Paris Fashion Week dan London Fashion Week, Ivan Gunawan pun tak mau ketinggalan turut serta di ajang New York Fashion Week (NYFW) The Shows - Spring Summer 2023/2024. NYFW The Shows sendiri merupakan bagian rangkaian resmi dari New York Fashion Week.

Ivan Gunawan akan memamerkan 12 look. Acara bergengsi tersebut akan berlangsung di Spring Studios, New York, Amerika Serikat, pada Rabu, 13 September 2023 pukul 11.00 waktu New York mendatang.

"Setelah saya pernah mengikuti LA Fashion Week pada 2016, saya kembali fashion show mempresentasikan karya saya di tingkat internasional. Sepanjang September ini saya akan keliling ke Paris, New York, dan London," jelas Ivan Gunawan dalam media brief "Indonesia Now untuk New York Fashion Week", Senin (29/8/2023)

Menariknya, di pagelaran kali ini Ivan Gunawan mengusung tema Maharani yang terinspirasi dari kerajaan Majapait.

"Saya terinspirasi dari seorang ratu pada kejayaan Majapahit dan koleksi saya didominasi dengan warna gold," ungkap Ivan.

Di mana Ivan memberikan sentuhan yang lebih elegan, seksi, dan juga delicate.

"Karena koleksi ini saya suka kalau perempuan menjadi pusat perhatian," tambah Ivan.

Ivan mengaku bahagia lantaran bisa ikut andil saat mendadani wanita berkarakter alpha.

"Saya senang banget mendandani perempuan alpha yang tidak bisa digoyahkan, koleksi ini sangat alpha, yang menggunakan koleksi saya adalah orang-orang yang ingin menjadi pusat perhatian," jelas Ivan.

Selama 20 tahun menjadi desainer, ini kali pertama Ivan mendesain motif pada lace dan berkolaborasi dengan Leciel Jewellery. "yang membedakan koleksi saya dengan koleksi sebelumnya dan hampir tidak ada detail payet, tapi saya banyak menggunakan kristal dan juga mutiara.

Di koleksi ini saya juga berkolaborasi dengan Leciel Jewellery tapi saya tidak mempersilakan mereka mendesain, tapi desain dari saya," ungkap Ivan. Perhiasan gold-plated tersebut menggunakan batu-batuan asal Indonesia. Desainnya memasukkan unsur-unsur fauna di Indonesia ada kupu-kupu, capung, singa, hingga jerapah.

Semua rancangan Ivan Gunawan ini akan menghadirkan detail, seperti tatanan ornamentasi kristal, embroidery, hingga barisan fringe terbuat dari mote berujung kristal. Masing-masing detail busana tersebut tampil dekoratif menyempurnakan desain gaun.

Selain itu, di koleksinya kali ini Ivan juga terinspirasi dari ratu Majapahit yang memakai kemben dan stagen yang fit di badan diterjemahkan menjadi bustier maillot, atau terusan korset (bathing suit). Bustier maillot dipadankan dengan gaun panjang fit bahan lace transparan, ada juga cape dress transparan yang dipasangkan dengan celana palazzo dan blus berlengan gelembung puffy, kemudian ruffle skirt bertingkat yang ditimpa lagi dengan korset.

Bustier ini sendiri bisa saling dipadukan dengan setiap elemen di dalam koleksi ini. Semua rancangan diciptakan berdesain timeless, menembus batas tren, sehingga akan mampu untuk tetap digunakan di masa-masa yang akan datang.

Bahkan Ivan menciptakan sendiri motifnya, yaitu motif Kipas Renjana (Renjana: Cinta kasih, gairah, dan rindu), berupa susunan kipas repetitive dengan ukuran yang gradual. Koleksi ini dilengkapi motif Pakis Suvarna (Suvarana: Emas), berupa sulur-sulur indah yang menjulur ke atas menggapai harapan indah.

Menyambut kolaborasi pertama Leciel dengan Ivan Gunawan ini, Leciel turut menghadirkan koleksi aksesori bertema Golden Parade. Sebuah persembahan karya seni yang berdetail ornamen indah dan mewah dengan desain abstrak. Sentuhan akhir emas dan masing-masing aksesori dilengkapi dengan aksen batu alam asli, mutiara baroque dan batu rhinostone berwarna warni.