Menu

Gak Cuma Overthinking, Yuk Kenali 5 Bentuk Mental Block yang Bisa Bikin Kamu Susah Berkembang, Nomor 2 Sering Dialami!

30 Agustus 2023 16:00 WIB

Ilustrasi wanita sedang merenung. (unsplash/Ben White)

HerStory, Jakarta —

Apakah Beauty pernah mendengar istilah mental block? Mental block adalah istilah yang mengacu pada kejadian ketika seseorang mengalami kesulitan atau kebuntuan dalam berpikir dan menciptakan ide-ide baru.

Mental block dapat terjadi pada siapa saja, terlepas dari bidang atau profesi yang ditekuni.

Ternyata, mental block juga mempunyai beberapa bentuk, lho. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui apa saja bentuk mental block.

Nah, dikutip dari sindikasi Akurat.co, berikut beberapa bentuk mental block yang bisa membuat seseorang susah berkembang.

1. Perfeksionisme

Bentuk mental block yang pertama adalah perfeksionisme. Perfeksionisme adalah kecenderungan untuk selalu ingin melakukan segala sesuatu dengan sangat sempurna dan akurat.

Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang terjebak dalam pola pemikiran yang sempit dan menghambat kemampuan untuk berpikir kreatif.

Untuk mengatasi mental block yang disebabkan oleh perfectionism, cobalah untuk menerapkan pendekatan "done is better than perfect" atau "selesaikan saja lalu tingkatkan".

2. Takut Gagal

Takut gagal adalah bentuk mental block yang sering terjadi. Kondisi ini dapat membuat seseorang terlalu fokus pada kesempurnaan sehingga mengabaikan kemungkinan kesalahan dan kegagalan.

Untuk mengatasinya, terimalah bahwa kegagalan adalah bagian alami dari proses belajar dan berkembang. Cobalah melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri.

3. Self-Doubt

Bentuk mental block yang selanjutnya adalah self-doubt. Self-doubt atau keraguan diri adalah bentuk mental block yang juga bisa menyebabkan kebuntuan berpikir.

Kondisi ini bisa muncul ketika seseorang meragukan kemampuannya sendiri atau merasa tidak cukup pintar atau kompeten untuk menyelesaikan tugas yang dihadapi.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk fokus pada kelebihan dan prestasi yang pernah dicapai. Ingatlah bahwa keraguan diri hanyalah pikiran sementara yang dapat diatasi.

4. Overthinking

Overthinking atau terlalu banyak memikirkan sesuatu hingga membuat kebuntuan pikiran adalah bentuk mental block yang dapat mengganggu efektivitas seseorang dalam menciptakan ide dan solusi.

Terkadang, seseorang dapat terlalu larut dalam detail atau memikirkan segala kemungkinan sehingga kehilangan perspektif yang lebih besar.

Untuk mengatasi mental block yang disebabkan oleh overthinking, cobalah untuk merefleksikan tujuan utama kamu dan menyeimbangkan antara detail dan pandangan yang lebih luas.

5. Burnout

Bentuk mental block yang terakhir adalah burnout. Burnout atau kelelahan emosional juga dapat menyebabkan mental block yang serius.

Kondisi ini umum terjadi ketika seseorang merasa kelelahan dan tidak terinspirasi karena bekerja terus-menerus tanpa jeda yang cukup.

Untuk mengatasi burnout, cobalah mempertimbangkan untuk mengambil waktu libur atau cuti agar dapat mengisi kembali energi dan semangat yang hilang.

Itulah beberapa bentuk mental block yang perlu kamu hindari. Semoga bermanfaat ya, Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya

Artikel Pilihan