Menu

Si Kecil Mergokin Ayahnya Selingkuh? Begini Cara Supaya Anak Gak Langsung Membencinya

22 Februari 2021 19:05 WIB

(Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, pasti bingung bagaimana menyikapi anak ketika memergoki ayahnya selingkuh. Gak hanya Moms, pasti anak pun ikut kecewa dengan ayahnya. Namun Moms harus tetap membuatnya agar bisa memaafkan ayahnya.

Hal ini kadang membuat Moms dilema. Satu sisi mungkin setuju dengan anak yang membenci ayahnya tetapi satu sisi Moms juga gak ingin kalau anak membenci ayahnya. Meskipun ayahnya melakukan kesalahan yang fata yaitu selingkuh, tapi tetap ayahnya yang bertanggung jawab dan menafkahinya.

Gak ada yang sedih dan kecewa jika diseleingkuhin, namun keutuhan keluarga lah nomer satu. Memaafkan dan mengikhlaskan adalah jalan utama agar keluarga kembali utuh lagi. Namun tetap saja prosesnya membutuhkan waktu yang lama, begutipun dengan anak.

Selain itu, anak yang memergoki ayahnya selingkuh bisa memunculkan trauma pada dirinya. Entah membuatnya enggan menjalin hubungan asmara atau trauma dengan pernikahan kelak dewasa nanti.

Tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan perlakuan yang baik dari ibunya atau ayahnya. Oleh karena itu, ibu harus bisa benar-benar merangkulnya agar anak bisa melewati masa sulitnya serta bisa memaafkan ayahnya.

Dilansir dari berbagai sumber (22/02/2021), berikut cara menyikapi anak yang memergoki ayahnya selingkuh agar gak membencinya

Berikan Anak Waktu

Memang hal ini bukanlah yang mudah diterima bagi anak, apalagi kalau anak sayang sekali dengan ibunya. Pasti anak kan merasa sangat dikhianati oleh ayahnya begitupun juga Moms. Agar anak gak stres melihat apa yang sebenarnya terjadi, berikan waktu kepada anak.

Moms juga berikan dia waktu minimal seminggu sampai dia benar-benar siap menerima semuanya. Jangan terlalu memaksakan anak untuk menerima dan memaafkan ayahnya. Biarkan dia menikmati waktunya dan sementara waktu gak bertemu ayahnya dahulu.

Ajak Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam sebuah keluarga, terlebih jika setelah ditimpa masalah. Moms sebaiknya mengajak anak mengobrol mengenai permasalahan yang ada. Akui kalau memang apa yang dilihatnya tentang perselingkuhan ayahnya itu benar. Namun Moms juga harus memberi tahu apa penyababnya, meskipun memang selingkuh itu kesalahan fatal.

Moms juga bisa mengajak anak mengobrol mengenai kebaikan-kebaikan yang telah ayahnya lakukan. Bagaimana pengorbanan ayahnya kepadanya, dan lainnya. Coba pelan-pelan memintanya untuk memaafkan dan mengihklaskan semuanya. Terpenting, Moms harus ingatkan kalau anak masih punya Moms yang selalu setia bersamanya dalam suka maupun duka.

Jaga Hubungan Baik dengan Ayahnya

Gak semua orang bisa memaafkan perselingkuhan, namun jika Moms sudah hati Moms sudah berdamai dengan masalah itu, maafkanlah kesalahannya. Walaupun mungkin Moms gak bisa kembali membangun hubungan yang baik seperti awal pernikhan, setidaknya Moms bisa menjaga hubungan baik sebagai ayah dan ibu dari anak.

Hubungan orang tua yang baik meskipun telah terjadinya perselingkuhan, dapat meluluhkan rasa sakit hati anak kepada ayahnya. Selain itu, anak juga bisa mengobati rasa traumanya. Oleh karena itu, anak akan luluh dengan sendirinya sebab melihat contoh yang baik dari seorang ibu yang hebat.

Jadi, gak perlu khawatir lagi ya Moms akan kebencian anak terhadap ayahnya.