Menu

Bercinta Jadi Kurang Puas? Ini Tanda Miss V Longgar dan Cara Atasinya, Catat Ya Moms!

31 Agustus 2023 02:55 WIB

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash/Lana Abie)

HerStory, Jakarta —

Organ intim yang sangat berharga bagi wanita adalah vagina atau Miss V. Pasalnya, ketika sudah menikah, hubungan seksual bisa menjadi salah satu kunci hubungan harmonis dan bahagia lho Moms.

Maka dari itu, kesehatan dan kekencangan Miss V harus dijaga agar pak suami bisa selalu puas.

Tetapi, benarkah Miss V yang longgar bisa diketahui secara pasti?

Mengutip dari Healthline melalui sindikasi konten suara.com, sebenarnya tak ada istilah medis untuk Miss V yang terlalu longgar. Hal tersebut lantaran selama Miss V tetap nyaman, tak gatal, dan tak berbau menyengat, maka masih dikategorikan normal dan sehat.

Sebutan Miss V longgar sendiri merupakan persepsi di masyarakat karena sejumlah alasan, terutama persoalan kepuasan seksual. Miss V sebenarnya termasuk organ yang elastis sehingga saat melahirkan secara pervaginal pun bentuknya akan kembali ke bentuk semula setelah beberapa waktu.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah Miss V sudah longgar, di antaranya:

  • Sulit menahan buang air kecil terutama saat tertawa, batuk atau bersin. Kondisi ini biasanya dialami wanita setelah melahirkan.
  • Sulit mencapai orgasme.
  • Lebih sering kentut dari Miss V atau yang umum disebut queefing. Hal ini terjadi umumnya karena banyak udara yang terperangkap di dalam Miss V saat penetrasi.
  • Pasangan sulit mencapai klimaks atau mempertahankan ereksi.

Apabila mrngalami sejumlah tanda tersebut, bisa lakukan beberapa cara untuk mengencangkan Miss V, di antaranya:

  • Senam kegel. Ini dilakukan dengan cara mengencangkan otot dasar pangggul selama 5 detik, tarik nafas, dan lepaskan.
  • Yoga, salah satunya dengan bridge pose. Pose ini adalah ketika kamu membaringkan tubuh, kemudian mengangkat panggul dengan kaki membentuk sudut 90 derajat dan tangan diam di matras.
  • Squat. Berdirilah tegak dengan dua kaki lebih lebar dari bahu. Turunkan bokong seperti hendak duduk namun pastikan lutut tetap diam dan tak maju melewati ujung jari kaki.

Pakar seksualitas sekakigus dokter kandungan dokter Boyke Dian Nugraha juga pernah menjelaskan kalau otot Miss V setelah melahirkan memang biasanya lebih 'longgar'.

Dokter Boyke menjelaskan bahwa Miss V longgar pasca melahirkan secara normal sebenarnya hal yang wajar. Akan tetapi, otot vagina cukup elastis untuk bisa kembali seperti semula.

"Vagina itu elastis, dia bisa meregang ketika dilewati kepala (bayi) dan dia juga akan kembali normal (ototnya) setelah 40 hari melahirkan," jelas dokter Boyke dikutip dari tayangan di kanal YouTube Kacamata dr. Boyke, Kamis (24/8/2023).

Dokter Boyke menjelaskan bahwa lubang vagina punya kedalaman sekitar 8,5 sentimeter. Pada saat terjadi orgasme, napas perempuan akan terasa berat kemudian ada perubahan pada tungkai dengan setiap 0,7 detik bergetar. Kondisi itu yang membuat vagina akan menghisap penis.

Tetapi, kondisi itu memang tak bisa dirasakan pria bila istrinya baru saja melahirkan secara normal.

Artikel Pilihan