Menu

Terkuak! Jadi Rahasia Panjang Umur Orang Jepang, Ini Bumbu Masak yang Bikin Sehat dan Gak Mudah Sakit! Cuss Langsung Coba Moms

31 Agustus 2023 03:35 WIB

Miso Soup (Sumber/Delish.com)

HerStory, Jakarta —

Sejak zaman dahulu, masyarakat Jepang terkenal hanya menggunakan satu bumbu masak dair bahan alami untuk menydapkan makanannya. Siapa sangka, bumbu alami itu membuat cita rasanya bisa semakin kompleks dan sangat nikmat lho Moms!

Beberapa makanan Jepang yang menjadi favorit banyak orang adalah sushi, udon, ramen, dan yakitori. Apakah kamu pernah mencicipi salah satunya?

Selain makanannya yang lezat, biasanya orang Jepang sangat memperhatikan penggunaan bahan makanan yang berkualitas. Jadi, sudah gak heran jika diet atau santapan Jepang jadi sangat populer dan bahkan dianggap sebagai salah satu upaya pola hidup sehat karena disebut-sebut menjadi alasan orang Jepang bisa berumur panjang.

Salah satu ciri khas yang dimiliki masakan Jepang adalah rasa umami yang unik dan beda dari masakan lainnya. Biasanya, rasa ini memberikan sensasi mendalam dan nikmat bahkan berbeda dari empat rasa lainnya seperti manis, asam, asin dan pahit.

Umami sering dihubungkan dengan penggunaan monosodium glutamat (MSG) lho Moms. Namun, banyak orang tak tahu bahwa asam glutamat pertama kali diperoleh dari rumput laut kombu.

Dikutip dari Kumparan pada Jumat (31/8/2023), Endang S. Sunaryo selaku Pengamat Gizi dan Pangan mengatakan bahwa asam glutamat merupakan senyawa yang terdapat secara alami dalam berbagai bahan masakan seperti tomat, keju parmesan, jamur, dan kombu.

"Dengan menambahkan asam glutamat dari bahan alami atau menggunakan MSG secara bijak, tentunya dapat membantu meningkatkan kenikmatan hidangan secara alami," jelas Endang S. Sunaryo.

Artikel Pilihan