Menu

Lampiaskan Marah dengan Olahraga? Ini Dia Gerekan Pliometrik yang Bisa Diterapkan!

22 Februari 2021 19:30 WIB

Olahraga lompat tali atau skipping. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa di sini kalau sedang marah bawaanya ingin meninju orang? Eits gak baik ya! Beauty bisa lampiaskannya dengan gerakan olahraga pliometrik loh.

Melampiaskan amarah dengan meninju ada lah hal yang wajar agar amarah dalam diri tersalurankan. Namun kamu gak bisa sembarangan meninju ya. Alangkah baiknya dilampiaskan ke kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga.

Selain melepaskan emosi dalam diri, berolahraga juga bisa membuat tubuhmu menjadi sehat dan bugar. Ditambah lagi gerakan pliometrik ini bisa membantumu menjalankan progam diet loh. Wah banyak sekali ya manfaatnya.

Kamu sudah tahu belum gerakan pliometrik? Gerakan pliometrik adalah salah satu jenis olagraga yang mengharuskan kamu untuk bergerak aktif dan melompat. Wah seru banget ya, Beauty!

Kamu bisa melakukan gerakan ini di mana saja. Karena gerakan ini gampang gak memerlukan ruang terbuka. Kamu bisa melakukannya di rumah. Gerekan ini bisa membuatmu menjadi lebih bahagia loh.

Dilansir dari Women'sHealth, berikut 8 gerakan pliometrik tubuh yang bisa kamu coba ketika sedang marah.

1. Burpee With A Knee Tuck

Gerakan ini dimulai dengan posisi berdiri lalu tempatkan telapak tangan ke lantai.Selanjutnya turunkan dada kamu lalu lompat ke belakang dan tahan melalui tumit.Setelah itu lompat ke udara dengan menyelipkan lutut ke dada dan ulangi selama 60 detik.

2. Plyo Knee-Ups With A Knee Tuck-Jump

Mulailah dengan posisi berdiri, gerakan kaki kanan ke belakang sehingga membuat lutut terbawa ke tanah selanjutnya diikuti oleh kaki kiri. Jatuhkan sedikit pinggul dan gunakan untuk mengganti lutut dengan kaki di tanah. Selanjutnya berdirilah dan lanjutkan bolak-balik selama 60 detik.

3. Squat and Lunge

Mulai dalam posisi jongkok lalu kembali dalam posisi terjengkang. Langsung kembali ke jongkok dan kemudian lakukan reverse lunge dengan kaki lainnya dan lanjutkan bolak-balik selama 60 detik.

4. Shoulder Press to Toe Touch

Mulailah dengan posisi pike-up atau bentuk "v" terbalik.
Lalu bawalah bagian atas kepala ke tanah sambil melihat ke belakang ke kak. Selanjutnya lompat dan kembali ke posisi push up. Setelah itu, sentuh jari kaki kiri dengan tangan kanan lalu kaki kanan dengan tangan kiri. Melompatlah kembali ke posisi pike dan ulangi selama 60 detik.

5. Pushup Walk

Mulailah dalam posisi push up lalu turun ke bawah kemudian tekan hingga push up selesai. Selanjutnya jalani tangan ke kanan dan berjalanlah kembali ke tengah lalu lakukan push-up dan jalanilah mereka ke kiri. Setelah itu, Kembali ke pusat lanjutkan bolak-balik selama 60 detik.

6. Triceps Dip Forearm Pushup

Mulailah dengan merangkak lalu selesaikan trisep dip kemudian gulung dan selesaikan push-forearm dengan tangan sedikit di depan bahu. Setelah itu, turun ke lengan bawah dan dorong ke tangan lalu gulung kembali dan ulangi.

7. Runner's Crunches

Mulailah dengan berbaring telentang, kemudian taruh tangan pada telinga dan angkat lah bersamaan dengan lutut kaki. Selanjutnya ulangi secara bolak-balik selama 60 detik.

8. Out & Ups

Gerakan ini dimulai dengan cara berbaring telentang dengan tangan disisi tubuh atau di bawah punggung.
Bawa lutut ke dada, lalu gerakan kaki lurus ke atas, angkat pinggul dan ulangi selama 60 detik.

Wah mudah ya Beauty? Gak hanya menghilangkan emosi, kamu juga bisa membakar lemak loh. Jadi banyak maanfat yang didapat ya.