Menu

Kata Siapa Cantik Itu Mahal? Ini 5 Langkah Glowing dengan Facial di Rumah, Nomor 3 Penting Lho!

31 Agustus 2023 06:35 WIB

Wanita sedang melakukan Facial ice cube. (Pinterest / Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Karena aktivitas yang sangat padat, kulit bisa tampak lebih kusam dan bahkan tak terawat. Maka dari itu, sesibuk apapun kamu, merawat kulit dengan basic skincare adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Gak perlu repot dan biaya mahal, berikut adalah deretan cara merawat kulit sendiri di rumah yang bisa kamu lakukan saat weekend dan waktu senggang Beauty!

Salah satunya dengan melakukan perawatan facial wajah yang mampu mencerahkan serta menenangkan kulit. Tentunya kulit kamu juga semakin sehat.

Saat ini produk perawatan kulit dapat mudah ditemukan di toko offline maupun online. Beberapa produk perawatan yang kamu butuhkan sebelum facial yakni face wash (pembersih wajah), masker wajah, scrub exfoliating, serum serta pelembap wajah.

Penasaran bagaimana melakukan facial wajah di rumah? Yuk, simak langkah sederhana melakukan facial wajah di rumah yang telah dilansir dari hellosehat.com.

1. Bersihkan wajah

Langkah pertama dalam facial wajah di rumah ialah bersihkan wajah lebih dulu. Jika mulanya kamu sedang menggunakan make up, ada baiknya bersihkan wajah dengan micellar water agar sisa make up terangkat.

Cuci wajah secara perlahan dengan face wash dan pastikan semua kotoran terangkat. Kemudian bilas menggunakan air hangat hingga wajah tampak bersih. Lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

2. Scrubbing

Langkah selanjutnya ialah scrub wajah. Manfaat dari melakukan scrubbing ialah supaya sel kulit mati di wajah terangkat yang selanjutnya mampu teregenerasi dengan baik. Kamu bisa scrubbing dengan bahan alami seperti campuran gula, minyak zaitun sera air mawar.

Oleskan scrub secara merata, gosok wajah secara perlahan dengan memutar. Bagian dahi, hidung serta dahu gosok lebih lama. Sebab pada bagian tersebut merupakan tempat komedo banyak tumbuh. Selanjutnya bilas dengan air hangat hingga bersih.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sedang berjerawat, hindari scrubbing ya, agar kulit tak semakin iritasi.

3. Steaming

Steaming memiliki manfaat seperti membuat pori-pori terbuka serta mengeluarkan kotoran seperti komedo di wajah. Pada langkah ini kamu membutuhkan handuk, baskom/mangkuk serta air panas.

Caranya cukup mudah. Isi baskom/mangkuk dengan air panas. Dekatkan wajah di atas baskom dengan kepala tertutupi oleh handuk yang bertujuan untuk menguap wajah selama kurang lebih 2 menit.

4. Masker

Masker wajah bermanfaat untuk menjadikan kulit semakin terasa kencang, cerah dan bercahaya. Kamu juga bisa kok menggunakan bahan alami yang disesuaikan jenis kulit kamu.

Caranya cukup mudah. Oleskan masker secara merata pada seluruh wajah kecuali bibir, mata dan leher. Untuk bagian mata ada baiknya menutupnya dengan irisan timun yang telah didiamkan di kulkas. Diamkan masker selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat.

5. Aplikasikan serum dan pelembap ke wajah

Langkah terakhir yakni mengoleskan serum serta pelembap ke wajah. Pada tahap ini gunakan serum serta pelembap yang cocok sesuai dengan jenis kulit. Saat wajah sudah terasa segar dan juga bersih, maka serum dan pelembap akan meresap secara optimal pada kulit.

Serangkaian facial wajah tadi bisa kamu lakukan di rumah secara mandiri. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan dan tentunya anti-ribet serta tak mengganggu aktivitas padat kamu. Semoga bermanfaat.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan