Menu

Hempas Obat Nyamuk Bakar, Coba 4 Bahan Alami Ini yang Diyakini Ampuh Mengusir Nyamuk-nyamuk Nakal di Rumah, Pakai Bawang hingga Sereh

31 Agustus 2023 19:00 WIB

Daun serai (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Nyamuk-nyamuk nakal yang berterbangan di rumah begitu mengganggu keseharian, apalagi saat tidur. Gigitan nyamuk bukan hanya memicu bentol dan gatal saja, tetapi juga bisa menularkan berbagai penyakit, salah satunya demam berdarah.

Obat nyamuk bakar dinilai efektif untuk mengatasi nyamuk di dalam rumah. Tapi tahu enggak sih Beauty, ternyata ada banyak bahan-bahan alami yang tak disukai oleh nyamuk. 

Berikut deretan bahan-bahan alami yang berasal dari bumbu dapur dan tanaman yang dinilai ampuh mengusir nyamuk nakal yang sangat mengganngu, seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (31/8/2023).

1. Bunga Lavender

Aroma lavender yang sudah dihancurjan bisa menjadi obat nyamuk alami. Selain mencegah gigitan nyamuk, bunga lavender ini juga efektif untuk menenangkan dan menyejukkan kulit.

Hancurkan lavender dan oleskan sari bunga ke area tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki, atau leher.

2. Kemangi

Nyamuk tidak menyukai aroma khas dari kemangi. Tanaman kemangi ini memiliki kandungan senyawa yang menghasilkan bau menyengat bagi nyamuk. Aroma ini berasal dari zat geraniol yang membuat bau kemangi menjadi sangat kuat dan tidak disukai oleh nyamuk.

Letakkan daun kemangi yang telah dicuci pada tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk seperti gantungan baju, sudut-sudut rumah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, nyamuk akan hilang dengan sendirinya.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung aroma dari senyawa sulfur alami yang juga tak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih sebelum tidur untuk terhindar dari gigitan nyamuk.

Atau, cukup merebus bawang putih tersebut hingga mendidih. Kemudian tuangkan pada botol spray, air rebusan bawang putih yaang sudah mendidih. Setelah itu, semprotkan pada tempat-tempat nyamuk sering berkumpul.

4. Sereh

Serai atau sereh juga dinilai ampuh untuk mengusir nyamuk, Beauty! Di dalam daun sereh terkandung sitronela dan atsiri, dua bahan dengan aroma yang juga tak disukai oleh nyamuk. 

Cara memanfaatkan daun serai sebagai obat nyamuk alami cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus daun serai dengan air secukupnya. Lalu, air rebus daun serai tersebut bisa digunakan untuk mengepel lantai atau digunakan untuk menyemprot ke area yang menjadi sarang nyamuk.

Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan