Menu

Waspada! Ini 7 Tanda Paru-paru Rusak Akibat Paparan Polusi Udara, Jangan Anggap Sepele Ya

31 Agustus 2023 21:00 WIB

Ilustrasi paru-paru. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Paparan polusi udara begitu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Zat atau partikel beracun yang terkandung dalam udara yang sudah tercemar polutan, dapat merusak kesehatan paru-paru dan memicu berbagai penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Seperti ISPA, pneumonia, bronkitis, hingga kanker.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, ditemukan kasus ISPA yang tercatat rata-rata mencapai 200 ribu kasus per bulan.

"Seperti yang kita tahu, di wilayah Jabodetabek terjadi peningkatan masalah polusi udara. Dan seiring dengan itu, data kami dari surveilans penyakit menunjukkan adanya peningkatan kasus ISPA yang dilaporkan di puskesmas dan rumah sakit di Jabodetabek," beber dr Maxi dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan RI, Senin (28/8/2023).

"Rata-rata kasusnya per bulan mencapai di atas 200 ribu kasus," sambungnya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan zat berbahaya dalam polusi udara dapat merusak kesehatan paru-paru. Seperti Nitrogen dioksida, ozon, sulful dioksida, benzena, karbon monoksida, hingga hidrokarbon yang menggangu sistem pernapasan dan memicu timbulnya berbagai penyakit.

Di samping itu, perlu kamu ketahui tanda-tanda paru yang sudah rusak akibat terpapar polutan. Seperti disebutkan dalam berbagai sumber, ini tujuh di antaranya:

1. Sering batuk

2. Kesulitan bernapas

3. Bengek

4. Mengalami iritasi di hidung dan tenggorokan

5. Kesakitan saat menarik napas

6. Mudah kehabisan napas saat beraktivitas di luar ruangan

7. Mengalami serangan asma atau kambuhnya PPOK.

Bukan hanya berdampak paada sistem pernapasan, polusi udara juga dapat memengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Seperi lebih sering munculnya jerawat, gampang stress, siklus menstruasi dan gairah seks yang terganggu.

Di tengah polusi udara di Jakarta yang terus meningkat, tetap terapkan pola hidup yang sehat dan jangan lupa memakai masker saat di luar ruangan ya, Beauty! Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan