Menu

Lengkapi Fitur Atur Aset, DBS Treasures Bantu Nasabah Prioritas Memanajemen Kekayaan, Simak Yuk!

05 September 2023 09:30 WIB

Lengkapi Fitur Atur Aset, DBS Treasures Bantu Nasabah Prioritas Mantapkan Keputusan Finansial. (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Jumlah nasabah perbankan segmen prioritas di Indonesia kian meningkat. Seperti diungkap oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Juni 2023. 

Data menunjukkan, dalam tiga tahun terakhir terdapat peningkatan jumlah tabungan, rentang 7,33-9,32 persen pada nasabah dengan saldo Rp500 juta hingga Rp5 miliar. 

Melihat hal tersebut, DBS Treasures meneliti preferensi nasabah dalam mengonsultasikan perencanaan kekayaannya dalam Financial Wellness Survey 2022. Lebih dari setengah responden (61 persen) memilih berkonsultasi dengan professional advisor dalam melakukan manajemen kekayaannya. 

Menanggapi potensi itu, perbankan prioritas DBS Treasures melakukan berbagai upaya, termasuk analisis nasabah guna mengidentifikasi aspirasi dan kebutuhan. DBS Treasures juga menghadirkan solusi keuangan yang tepat dan dipersonalisasi terutama bagi nasabah prioritas baru.

Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia, Rudy Tandjung mengungkapkan, segmen perbankan prioritas memiliki kebutuhan yang unik. 

“Kami menemukan pada YouGov Syndicated Study di tengah dunia finansial yang bergerak sangat cepat dan beragamnya informasi yang kompleks, 83 persen nasabah memerlukan aplikasi user-friendly untuk memudahkan pembelian produk finansial kapan saja dan di mana saja untuk menangkap peluang yang ada. Bahkan, 56 persen nasabah sudah melakukan transaksi pembelian produk finansial secara online. Di saat yang sama, nasabah juga membutuhkan mitra yang dapat menganalisis dan mengurasi insight untuk mereka, agar dapat lebih yakin dalam mengambil keputusan yang tepat,” ucap Rudy, saat ditemui HerStory di kawasan Jakarta Pusat. 

DBS Treasures bertransformasi terkait komitmen dan solusi manajemen kekayaan, termasuk kemampuan menganalisis data secara masif sehingga mempertajam solusi yang dirancang unik bagi tiap nasabah. 

Konsistensi dan kerja keras DBS Treasures pada dua tahun terakhir membuahkan hasil. Berdasarkan DBS Annual Brand Health Monitoring Survey 2022, DBS Treasures dipersepsikan sebagai bank yang selalu berkomunikasi dan mengelola portofolio nasabah. 

Head of Segmentation and Liabilities PT Bank DBS Indonesia, Natalina Syabana menuturkan, dari sisi nasabah, mereka didukung oleh kapabilitas digital yang dapat diakses 24/7. Dimulai dari ragam analisis insight terkurasi melalui media digital sesuai preferensi, sehingga dapat langsung berinvestasi dan bertransaksi secara mandiri melalui aplikasi digibank by DBS. 

“Kami juga menghadirkan inovasi baru dalam aplikasi tersebut yang mencakup fitur LiveBetter untuk memungkinkan nasabah mendapatkan tips akan gaya hidup keberlanjutan serta berinvestasi pada produk berbasis Environment, Social, and Governance (ESG),” ucap Natalina. 

Rudy mengatakan, melalui fitur LiveBetter, nasabah kini dapat memenuhi kebutuhan transaksi finansial sekaligus memberikan dampak nyata pada lingkungan. 

“Tentunya, hal ini melengkapi fleksibilitas investasi produk obligasi dan reksa dana di berbagai tingkat risiko, sektor industri, pasar lokal dan global, serta produk asuransi untuk perlindungan nasabah. Kami juga baru-baru ini meluncurkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada aplikasi digibank by DBS untuk pembayaran praktis transaksi sehari-hari,” kata Natalina. 

DBS Treasures juga melengkapi setiap nasabah dengan advisory berkala melalui email yang dipersonalisasi berdasarkan analisis data profil risiko, preferensi produk, perilaku bertransaksi, demografi dan kebutuhan. 

“Para pakar DBSTreasures secara proaktif berdiskusi langsung dengan nasabah, dimotori oleh sistem online untuk meningkatkan pemahaman kami terhadap kebutuhan tiap nasabah sehingga diskusi dapat berjalan secara berkelanjutan dan relevan,” jelas Natalina. 

Selain itu, ada pula real-time online dashboard untuk mendukung para pakar dalam menganalisis keseluruhan portofolio nasabah secara cepat dan menghadirkan advisory unik guna menyeimbangkan serta memperkuat posisi portofolio tersebut.

Kedepannya, DBS Treasures berkomitmen untuk senantiasa berupaya memahami nasabah serta melakukan berbagai inovasi untuk menghadirkan rangkaian layanan yang relevan.

“Hal ini kami lakukan untuk mendukung nasabah agar dapat ‘Live more, Bank less’, sesuai dengan semangat yang dimiliki Bank DBS Indonesia,” tutup Rudy.

Artikel Pilihan