Menu

Jadi Penyakit yang Ditakuti Wanita, Kenali Gejala PCOS Sedini Mungkin Beauty

06 September 2023 14:30 WIB

Ilustrasi mengenali PCOD dan PCOS. (Freepik/serhii_bobyk)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pasti pernah mendengar PCOS, bukan? Polycystic ovarian syndrome atau PCOS adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur.

Mengutip laman NHS UK, tidak semua perempuan dengan PCOS mengalami semua gejala umum dari sindrom ini. Gejala PCOS juga dapat bervariasi, dari ringan hingga berat.

Oleh sebab itu, mengenali gejala awal PCOS sangatlah penting. Berikut 5 gejala PCOS yang sering dialami. Apa saja?

1. Haid tidak teratur atau tidak haid sama sekali 

Siklus menstruasi yang jarang, tidak teratur, atau juga berkepanjangan adalah salah satu gejala PCOS paling umum. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh penderita PCOS. 

Setiap penderita mungkin mengalami ketidakteraturan siklus menstruasi yang berbeda. Beberapa di antara mereka mengalami menstruasi setiap 30 sampai 40 hari, dan ada juga yang tidak menstruasi sama sekali.

2. Kesulitan hamil

Ada banyak penderita PCOS yang mengalami kesulitan hamil sebagai gejala utama. Kesulitan hamil ini disebabkan oleh menstruasi yang tidak teratur.

Meski begitu, bukan berarti semua penderita PCOS tidak dapat memiliki keturunan. Hanya saja, mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah pada masa kehamilan.

3. Hirsutisme (pertumbuhan rambut yang berlebih) di area punggung, dada, atau wajah

Hirsutisme atau pertumbuhan rambut yang berlebih adalah salah satu gejala PCOS yang paling mudah dikenali. Menurut Verywell Health, 70 hingga 80 persen perempuan dengan PCOS mengalami hirsutisme. 

Rambut berlebih ini disebabkan oleh produksi hormon androgen yang berlebihan. Akibatnya, penderita PCOS dengan gejala ini akan mengalami pertumbuhan rambut berlebih di area punggung, dada, wajah, leher, dan jari kaki.


4. Rambut rontok

Selain dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut berlebih di area tubuh tertentu, kadar androgen yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut pada perempuan. 1 dari 5 perempuan penderita PCOS mengalami rambut rontok sebagai gejala utama.

5. Penambahan Berat Badan

Selain menyebabkan hirsutisme dan kerontokan rambut, tingkat androgen yang tinggi pada perempuan juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Menurut WebMD, hal ini disebabkan oleh tingginya hormon androgen (hormon pria) yang dapat memicu kenaikan berat badan tidak biasa pada perempuan, terutama di bagian perut. 

Banyak dari penderita PCOS mengalami kelebihan berat badan hingga obesitas. Akibatnya, mereka memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes, penyakit jantung, apnea tidur, dan kondisi kesehatan lainnya.

Gejala umum terakhir yang seringkali dialami oleh penderita PCOS adalah kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini disebabkan oleh aktivitas perubahan hormonal dan aktivitas hormon berlebih. 

Penerbitan Kesehatan Harvard menyebutkan bahwa jerawat akibat PCOS sering muncul di wajah bagian bawah, termasuk rahang, dagu, dan leher bagian atas. Selain itu, jerawat yang dialami penderita PCOS mungkin tampak lebih besar dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

6. Penanganan PCOS

PCOS merupakan sebuah kondisi yang tidak dapat disembuhkan secara total. Namun, gejala yang dialami penderita PCOS dapat ditangani. 

Menjalani pola hidup yang sehat akan membantu penderita PCOS mengurangi risiko penyakit-penyakit yang mungkin muncul akibat PCOS, seperti diabetes dan permasalahan pada jantung.

Mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan gejala juga dapat bekerja sebagai salah satu cara untuk menangani PCOS. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi penanganan gejala PCOS yang sesuai untukmu.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah