Menu

9 Faktor Penyebab Disfungsi Ereksi pada PakSu, Moms Harus Tahu Nih!

14 September 2023 21:55 WIB

Ilustrasi pasangan suami istri yang sedang berhubungan intim. (Google/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kesehatan reproduksi saat ini bukan hal tabu lagi untuk dibicarakan termasuk tentang gangguan reproduksi. Gangguan tersebut bisa saja menyerang Moms atau PakSu loh.

Tapi kali ini Herstory akan bahan tentang gangguan reproduksi yang bisa menyerang PakSu, yaitu impoten atau disfungsi ereksi. Rupanya gangguan ini biasanya dialami oleh pria yang usianya sudah makin tua loh Moms

Fyi Moms, disfungsi ereksi (DE) merupakan kondisi dimana alat kelamin pria mengalami gangguan sehingga tidak dapat melakukan ereksi atau tidak dapat mempertahankan ereksi untuk mendapatkan hubungan intim yang memuaskan. Derajat DE beragam mulai dari gangguan minimal terhadap ereksi hingga tidak bisa ereksi sama sekali. Pada kasus ini, kebanyakan pria merasa malu untuk memeriksakan diri dan menimbulkan banyak masalah mulai dari kehidupan seksual hingga kesehatan mental.

Moms harus tahu juga ternyata disfungsi ereksi adalah sebuah penyakit yang bisa dikeluhkan semua pria, karena risiko penyakit ini akan semakin tinggi seiring PakSu bertambah tua. Oleh karena itu, sudah sebaiknya kita untuk terus waspada dan siap tanggap untuk segera memeriksakan diri ketika mulai merasakan gejalanya.

Menurut dr. Dyandra Parikesit, BMedSc., Sp.U, FICS yang merupakan Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital BSD, ada beberapa faktor yang harus Moms dan PakSu ketahui yang dapat meningkatkan risiko PakSu untuk mengalami disfungsi ereksi, serta apa saja dampak dari disfungsi ereksi pada kesehatan fisik serta mental penderitanya.

informasi tentang penyebab disfungsi ereksi ada di halaman berikut Beauty!

Faktor Penyebab Disfungsi Ereksi

Meski disfungsi ereksi akan menjadi semakin umum saat PakSu bertambah tua, ada beberapa hal yang diketahui dapat meningkatkan risiko PakSu untuk terkena penyakit ini. Gangguan disfungsi ereksi diketahui dapat disebabkan karena beberapa faktor, yaitu:

  • Stres dan kelelahan
  • Gangguan hormon
  • Gangguan pada pembuluh darah
  • Obesitas
  • Kurang berolahraga
  • Merokok
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Riwayat penyakit tertentu

informasi tentang pengobatan disfungsi ereksi ada di halaman berikut!

Pengobatan Disfungsi Ereksi

Pada pengobatan disfungsi ereksi, ada beberapa obat-obatan serta terapi lain yang mungkin bisa PakSu lakukan, tergantung dari permasalahan utama yang menyebabkan disfungsi ereksi tersebut.

Sebelum memulai pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengidentifikasi penyebab dari disfungsi ereksi, sehingga dokter mungkin akan menanyakan riwayat obat-obatan hingga gaya hidup yang PakSu jalankan.

Setelah itu, dokter dapat merekomendasikan beberapa pengobatan mulai meresepkan obat-obatan, injeksi obat, terapi Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT), terapi hormon, Injeksi intrakavernosa, hingga penggunaan alat bantu pompa vakum ereksi. Dokter juga dapat merekomendasikan untuk melakukan sesi terapi dengan psikolog jika dirasa gangguan disfungsi ereksi disebabkan karena masalah mental.

Namun jika disfungsi ereksi PakSu disebabkan karena masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, maka PakSu mungkin akan melakukan penanganan lebih lanjut bersama dengan dokter terkait dalam menangani permasalahan tersebut.

Artikel Pilihan