Menu

Buya Yahya Kupas Tuntas Perdebatan Menstruasi, Benarkah Rambut Rontok saat Haid Perlu Disucikan?

25 September 2023 11:20 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang melihat rambut rontok disisir.(Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini penyucian kuku dan rambut rontok saat menstruasi masih menjadi perdebatan banyak orang. Akhirnya, Ulama Buya Yahya menjawab keresahan tersebut menurut sudut pandang Islam. Benarkah para wanita harus melakukan hal tersebut?

Pemahaman potongan kuku dan rambut rontok saat menstruasi harus disucikan terjadi karena ada anggapan bagian tubuh itu menjadi najis saat perempuan sedang haid, sehingga harus disucikan atau dibersihkan dengan air sebelum dibuang.

Buya Yahya mengakui perdebatan ini terjadi karena pengetahuan yang berbeda didapat dari tempat pengajian dan narasumber yang berbeda. Hasilnya jemaah perempuan kerap dibuat bingung, tapi dengan tegas Buya Yahya melarang praktik itu.

Menurutnya potongan kuku dan rambut rontok saat menstruasi tak perlu disucikan sebelum dibuang, karena bagian tubuh itu tak akan dibawa salat sehingga tak perlu khawatir najis atau enggak.

"Ngapain pusing-pusing ngurus potongan kuku sama rambut yang rontok? Santri, pas itu paham karena sudah ngaji. Berarti rambut rontok sama kuku yang telah dipotong wajib disucikan atau tidak? Tidak. Karena tidak kita bawa dalam salat. Selesai," ujar Buya Yahya dalam YouTube Short @dhanybias_6513 dikutip dari laman sindikasi konten suara.com, Senin (25/9/2023).

Pemuka agama bernama lengkap Yahya Zainul Ma'arif itu menambahkan, hukum mensucikan tubuh dengan cara mandi besar atau mandi wajib setelah haid memang harus dilakukan. Ini karena jika tak dilakukan salat tak sah atau tak diterima, karena tubuh yang dibawa beribadah masih dalam keadaan najis.

Sedangkan syarat sah salat tubuh harus dalam keadaan suci dari kotoran dan najis, sedangkan darah haid adalah najis sehingga tubuh harus benar-benar bersih dari komponen tersebu.

"Coba kalau yang paham, tentu mudah menjawabnya. Pertanyaannya adalah begini, memotong kuku atau rambut yang rontok Apakah waktu kita solat nanti, rambut yang rontok sama kuku yang terpotong dibawa solat atau tidak? Tidak. Sementara kita mandi besar untuk bisa melaksanakan apa? Salat," pungkas Buya Yahya.

Berikut ini tata cara mandi besar yang perlu diperhatikan melansir NU Online:

1. Niat

Mandi besar mesti dilakukan berbarengan dengan saat pertama kali menyiramkan air ke anggota badan. Anggota badan yang pertama kali di siram ini boleh yang manapun, baik bagian atas, bawah ataupun tengah.

Bila pada saat pertama kali meyiramkan air ke salah satu anggota badan tak dibarengi dengan niat, maka anggota badan tersebut harus disiram lagi mengingat siraman yang pertama tak dianggap masuk pada aktifitas mandi besar tersebut.

2. Meratakan Air

Air harus mengenai seluruh bagian luar anggota badan. Bila ada sedikit saja bagian tubuh yang belum terkena air maka mandi yang dilakukan belum dianggap sah.

Ditambah, orang tersebut dianggap masih dalam keadaan berhadats atau najis sehingga dilarang melakukan salat, thawaf, membaca, menyentuh dan membawa Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan