Menu

Ini Dia Rangkaian Acara Adat Pernikahan Termewah di Indonesia

24 Februari 2021 19:55 WIB

ilustrasi pasangan dengan pakaian adat minangkabau

HerStory, Jakarta —

Di Indonesia sudah gak asing dengan acara adat pada acara pernikahan. Karena adanya acara adat, maka pernikahan pun menjadi sangat mewah dan meriah. Ada beberapa suku di Indonesia yang terkenal dengan acara adatt pernikahannya yang mewah.

Sebenarnya menyelanggarakan acara pernikahan yang disertai dengan acara adat gak wajib. Namun bagi sebagian suku atau keluarga wajib. Bahkan setiap pasangan menjadikan acara adat sebagai salah satu dream weddingnya. Jadi gak heran kalau di Indonesia, acara pernikahan identik dengan rangkaian acara adat.

Pernikahan adalah suatu acara yang sakral, maka acara adatnya pun sakral. Gak jarang pernikahan dengan acara adat yang mewah menelan biaya yang cukup besar. Meskipun mahal, tradisi ini terus dijalankan demi melestarikan budaya.

Uniknya, setiap rangkaian acara adat pernikhan mempunyai maknanya tersendiri sehingga acara adat ini terus dilestarikan. Bahkan banyak tamu yang menunggu-nunggu prosesi adat pernikahannya karena memiliki keunikan tersendiri.

Kamu pasti sudah tahu kan kalau Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya? Oleh karena itu, Indonesia juga memiliki rangkaian acara adat pernikhan yang berbeda-beda setiap daerahnya. Selain itu, setiap daerah mempunya ciri khas tersendiri mulai dari acara adat hingga busana pengantin.

Dilansir dari berbagai sumber (24/02/2021), berikut sederet rangakaian adat pernikahan termahal di Indonesia

Adat Batak, Sumatra Utara

Prosesi acara adat pernikahan ala suku Batak memang sudah terkenal dengan kemewahannya. Ritual acara adat pernikahan suku batak diselenggarakan sangat meriah. Adapun tradisi sinamot yaitu uang mahar yang jumlahnya tergantung dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan dari mempelai wanita. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan pekerjaannya, maka semakin besar juga jumlah maharnya.

Selain berupa uang, dalam prosesi sinamot memepelai pria juga harus memberikan kain ulos ke anggota keluarga wanita. Kain ulos menunjukkan tingkat sosial seseorang, biasanya memepelai pria memberikan kain ulos dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu rangkaian acara adat pernikahan ala suku Batak dapat menghabiskan biaya hingga lebih dari Rp100 juta.

Adat Bali

Rangkaian acara adat pernikahan ala suku Bali juga cukup mewah karena memiliki banyak prosesi, mulai dari perkenalan antar keluarga hingga resepsinya. Acara pernikahan dalam suku Bali sebagai acara yang sakral sehingga banyak hal yang dibutuhkan.

Rangkaian acara ada pernikahanan ala suku Bali dilengkapi dengan sesajen dan ritual adat lainnya yang menghabiskan biaya hingga Rp10 juta. Gak hanya itu, busana pengantin yang dikenakan pun memiliki ciri khas tersendiri tergolong mewah dan mahal karena lengkap dengan aksesorisnya.

Adat Minangkabau, Padang

Ada yang unik loh dari tradisi acara adat pernikahan ala suku adat Minangkabau, Padang. Pernikahan pada umumnya calon mempelai pria terlebih dahulu mendatangi keluarga calon mempelai wanita, nah kalau adat Minangkabau, Padang justru sebaliknya. Pihak keluarga wanita lah yang memulai duluan.

Kemewahan pesta pernikahan ala suku adat Minangkabu terletak pada prosesi pernikahannya. Gak hanya keluarga yang menyambut di hari pernikahan, namun warga sekitar rumah dan kepala adat pun turut serta. Oleh karena itu tradisi pernikahan ala suku adat Padang, Minangkabu tergolong mewah dan mahal.

Selain itu, adapun rangkaian upacara Malam Bainai oleh mempelai perempuan yang dilakukan sebelum pernikahan. Acara ini merupakan ritual menghias tangan calon pengantin perempuan dengan inai (pacar) untuk menujukkan kasih sayang pada para sesepuh.

Setelah itu, dilanjutkan dengan acara Manjapuik Marapulai yaitu parade arak-arakan penjemputan pengantin laki-laki ke tempat pernikahannya. Serangkaian ritual adat inilah yang membuat biaya pernikahan menjadi mahal bahkan hingga ratusan juta.

Wah, unik sekali ya berbagai macam rangkaian adat pernikahan di Indonesia. Gak hanya sakral tapi kamu bisa melestarikan budaya yang sudah diturunkan oleh nenek moyang.

Artikel Pilihan