Menu

Dokter Spill 'Keajaiban' Jika Beauty Rutin Pakai Sunscreen, Bukan Sekadar Lindungi Kulit dari Sunburn!

29 September 2023 16:25 WIB

Ilustrasi menggunakan tabir surya salah satu bagian dari basic skincare. (Freepik/lookstudio)

HerStory, Jakarta —

Beauty, menggunakan sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas tentu sudah menjadi rangkaian dari skincare harianmu kan? Sebab, mengoleskan sunscreen pada wajah sebelum aktivitas hukumnya wajib, lho! 

Dijelaskan oleh dr. Sari Chairunnisa, Sp.Kk, VP Research & Development PT Paragon Technology and Innovation, dampak dari pemakaian sunscreen itu bagus bagi kulit karena gak bikin kulit jadi sunburn. 

"Kalau pakai sunscreen seharian di outdoor dampaknya bagus lah karena gak bikin sunburn dan diving air laut gitu kan chlorine bisa rusak skin barrier gitu, jadi harus ekstra pertahanan cari water resistant," ujar dr Sari saat media brief, Rabu (27/9/2023). 

Sunscreen adalah kunci utama dari penggunaan rangkaian skincare untuk proteksi agar tidak terjadi kerusakan kulit (kulit terbakar, kusam, peradangan jerawat, penuaan dini, bahkan kanker kulit) karena kerusakan kulit sudah mencapai level DNA kulit. 

"Polusi yang semakin memburuk dan sinar matahari dengan level indeks UV yang terus meningkat mengakibatkan paparannya dapat merusak lapisan kulit terdalam (epidermis) hingga level DNA," sambung dr Sari. 

Nah, bagi Beauty yang masih bingung urutan yang benar saat memakai sunscreen, dokter Sari berbagi tips sederhana nih. Pertama, Beauty cuci wajah terlebih dulu, tambahkan toner, kemudian oleskan moisturizer dan yang terakhir sunscreen. 

Lantas, sunscreen bisa dipakai sejak usia berapa? 

Menurut dr Sari, sunscreen sudah bisa digunakan dari usia anak-anak dan remaja. WHO menganjurkan anak usia 10 tahun sudah bisa memakai sunscreen, hanya saja perhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. 

"Pemilihannya dari perbedaan usianya karena anjuran kedokteran kulit dari sejak kecil sih. Pelindung fisik baju topi dan lain-lain kalau masih kecil. Kandungannya skinboost DNA ada centella dan ada mineral. Jadi bisa untuk pertahankan skin barrier. Karena yang pertama diserang itu skin barrier, bikin kulit merah-merah," lanjut dr Sari. 

Beauty, yang terpenting adalah pemahaman bahwa sunscreen berperan melindungi kulit dari sinar UV. Dalam jangka pendek, kulit akan mengalami sunburn dan jangka panjang bisa menyebabkan penuaan dini dan bahkan kanker kulit. Cara pakainya cukup menggunakan dua ruas jari, oleskan secara merata pada wajah, leher dan telinga sebelum beraktivitas di luar ruangan. 

Bagi Beauty yang berhijab, bisa juga mengoleskan pada area yang terbuka, seperti punggung tangan dan kaki, yah! Pasalnya, paparan sinar matahari juga bisa membuat kulit jadi kering dan keriput. 

"Misal mau liburan atau outdoor activity, paparan sinar matahari bukan hanya karena di luar ruangan tapi bisa juga dari jendela mobil/rumah. Jangan lupa, paparan sinar bukan matahari aja, lampu kamar bisa juga menghasilkan sinar UV, tapi gak sehebat sinar matahari. Tinggal di negara tropis pakai aja dah sunscreen," tutup dr Sari. 

Untuk anjuran pemakaian sunscreen masih umum, tapi kalau pakai sunscreen di office gak perlu reapply. Namun, bagi Beauty yang sehabis shalat dianjurkan untuk reapply lagi atau lakukan setiap 2 hingga 3 jam jika berada di luar ruangan.

Artikel Pilihan