Menu

Penderita Diabetes Rentan Terkena Penyakit Kulit Lho, Ternyata Ini Biang Keroknya...

09 Oktober 2023 19:10 WIB

Ilustrasi timbul bercak merah pada kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Saat ini penyakit diabetes menjadi penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang, termasuk di Indonesia. Sebelumnya Beauty perlu tahu soal penyakit diabetes ini.

Menurut penjelasan dr. Riska Larasati di laman Alodokter, ternyata diabetes berkaitan erat dengan gula darah dalam tubuh.

"Diabetes merupakan penyakit dimana kadar gula darah lebih tinggi daripada normal. Diabetes tersebut dapat terjadi akibat resistensi insulin yang membuat kadar gula darah meningkat," tutur sang dokter dikutip Herstory, Senin (10/9/2023).

Di sisi lain, diabetes pun bisa berdampak sangat buruk untuk tubuh karena ketika tak diatasi dengan baik maka bisa menyebabkan komplikasi lho.

Selain itu, menurut dr. Riska para penderita diabetes pun rentan terserang penyakit, salah satunya penyakit kulit, "Kondisi gatal pada penderita diabetes hal ini dapat disebabkan karena kadar gula darah tinggi dapat mempengaruhi tubuh dan menyebabkan risiko peradangan meningkat."

Nah, peradangan ini lah yang akhirnya menjadikan kulit rentan sekali terserang jamur dan bakteri.

"Kondisi tersebut juga dapat mempengaruhi kondisi kulit lebih kering akibat kehilangan banyak cairan melalui urin karena mengalami dehidrasi. Maka pada penderita diabetes rentan mengalami kulit kering, kulit gatal, kulit pecah-pecah dan sebagainya," tutur dr. Riska.

Selain pada kulit, ternyata diabetes pun bisa menyerang ginjal lho karena bisa menyebabkan peningkatan kadar ureum yang bisa sebabkan gatal.

Beauty yang sudah merasakan gatal karena diabetes ini wajib berkonsultasi dengan dokter. Selain itu perlu adanya perbaikan dalam pola makan dan gaya hidup.

"Sebaiknya untuk mengurangi gatal dapat mengontrol kadar gula darah, kemudian makan-makanan bergizi, menjaga kelembaban kulit, mengompres dingin pada kulit, hindari mandi terlalu lama, menggunakan pelembap, serta dapat menggunakan bedak atau lotion berbahan calamine. Bila keluhan tidak kunjung membaik dapat memeriksakan ke dokter," tutup dr. Riska.

Artikel Pilihan