Menu

Marshanda Diejek Punya Kulit Kusam, Ini Rahasia Cantik dan Glowing Agar Wajah Makin Cerah! Tertarik Coba?

10 Oktober 2023 08:55 WIB

Marshanda. (instagram/marshanda99)

HerStory, Jakarta —

Marshanda diketahu belakangan ini marah-marah di media sosial karena mukanya diejek kusam oleh netter usai ia menggunggah fotonya tanpa make up dan filter.

Beauty tahu gak sih kalau ternyata ada banyak sekali faktor yang bisa membuat kulit wajah jadi lebih kusam lho diantaranya adalah polusi, debu, penumpukan sel kulit mati, gaya hidup yang tak seimbang, paparan sinar matahari, dan juga kondisi kulit yang kering menjadi sejumlah penyebab kulit kusam. Apakah kamu juga merasa kalau kulitmu tak cerah dan glowing?

Memang, untuk sekarang, orang Asia, terlebih orang Indonesia, ada istilahnya, namanya "glowing-minded," pingin glowing karena akibat media sosial dan sebagainya.

Memiliki jenis kulit yang sehat, bebas dari kusam, berarti wajah kamu akan menjadi glowing.

Bagi kamu yang memiliki kulit kusam, memang secara penampilan akan lebih gelap atau kesan lebih loyo, dan sebagainya.

Tapi, bukan berarti berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi ada baiknya kalau kamu memiliki kulit glowing.

"Nah, kenapa sih anda memiliki jenis kulit kusam? Biasanya, pertama adalah penumpukan kotoran atau polusi atau radikal bebas karena kita sering beraktivitas," kata dr. Ekles Senduk, D.AAAM, M.Kes seperti dikutip dari akun Youtube Kata Dokter pada Selasa (10/10/2023).

Kemudian yang kedua, penumpukan dari sel kulit mati. kulit beregenerasi tiap 20 hari ke atas secara otomatis. 

Akibat dari regenerasi itu, terciptalah namanya sel kulit mati. Jika sel kulit mati ini tak diangkat, seolah kulit menjadi tebal dan menjadi kusam. 

Nah, yang ketiga, karena tersumbatnya pori-pori oleh penumpukan kelenjar minyak atau sebum yang ada di kulit kamu.

"Itu sebabnya, baik kotor kulit mati atau minyak, sebaiknya rutin diangkat melalui pakaian Skincare atau treatment khusus di klinik, ataupun ke dokter, tergantung konteks kita," kata dia.

Bila kamu yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari, maka menggunakan sunscreen atau tabir surya adalah solusi untuk melindungi efek-efek yang tak baik yang diakibatkan oleh sinar UV dari sinar matahari. 

Kemudian kamu harus mengunakan produk untuk mengangkat sel kulit mati, biasanya yang beredar di pasaran yang isinya AHA atau salicylic acid. 

Lalu gunakanlah tabir surya atau sunscreen, meski kamu sedang berada di dalam rumah, apalagi jika keluar rumah. 

Kemudian kamu bisa melakukan treatment rutin di klinik, ataupun ke dokter kulit, tertentu seperti treatment Chemical Peeling atau mechanical pilihan.

"Jadi, memang kulit karena sering beregenerasi dengan baik akan kelihatan lebih fresh dan kelihatan lebih care," katanya.

Artikel Pilihan