Menu

Kata Siapa Cantik Itu Mahal?! Ini 5 Masker Wajah dari Bahan Dapur, Kulit Auto Kinclong dan Glowing Beauty!

12 Oktober 2023 13:50 WIB

Ilustrasi wanita pakai masker oatmeal (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjaga kecantikan dan kesehatan wajah tentunya salah satu hal yang wajib dipahami dan dilakukan oleh kaum hawa. Pasalnya, memiliki wajah yang sehat dan mulus adalah impian banyak wanita karena bisa meningkatkan rasa percaya diri dan penampilannya.

Maka dari itu, banyak wanita menjaga kesehatan dan kelembaban kulit wajahnya dengan menggunakan masker kecantikan. Apakah kamu juga termasuk salah satunya Beauty?

Beberapa masker kecantikan memang cukup mudah dibeli dan didapatkan. Namun, ternyata kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur rumahmu sebagai masker wajah. Berikut 5 bahan yang dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang terdapat di dapur rumahmu.

1. Beras

Makanan yang menjadi sumber pangan pokok masyarakat di Indonesia ini ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan wajah dan dapat digunakan sebagai masker.

Dilansir dari penelitian yang dipublikasikan “Evidence-based Complementary and Alternative Medicine-Hindawi” melalui laman sindikasi konten suara.com, beras dapat digunakan sebagai masker wajah karena memiliki beberapa kandungan senyawa dan enzim yang dapat mengencangkan, melembutkan, dan menahan sinar UV berlebih lho Beauty.

Penggunaan masker dari beras ini umumnya dilakukan dengan mencampurkan beras yang telah dihaluskan beserta madu dan air hangat agar mendapatkan efek yang lebih maksimal.

2. Tomat

Tomat menjadi salah satu bahan dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai masker kecantikan.

Dilansir dari laman halodoc.com, tomat mengandung beberapa mineral dan vitamin seperti Vitamin E, Vitamin C, karoten, lutein, likopen, dan beberapa senyawa lainnya.

Senyawa-senyawa tersebut dapat berperan sebagai pembatu regenerasi sel-sel kulit mati pada wajah sekaligus menjadi anti oksidan alami guna menangkal radikal bebas.

Selain itu, masker yang terbuat dari tomat juga dapat membantu mengencangkan kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen. Masker wajah berbahan tomat juga dapat melindungi wajah dari paparan sinar UV berlebih.

3. Kunyit

Kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku masker wajah alami. Dilansir dari situs healthline.org, kunyit kaya akan kandungan kurkumin yang dapat menjadi anti oksidan alami dan senyawa anti radang bagi kulit.

Masker berbahan kunyit juga dapat menetralisir bakteri Cutibacterium acnes yang dapat menjadi penyebab dari jerawat. Masker kunyit juga mengandung vitamin E yang dapat membantu mengatasi penuaan dini pada kulit wajah.

Namun, dalam menggunakan masker berbahan kunyit diharapkan tak terlalu sering karena berisiko menyebabkan kulit terasa panas dan iritasi ringan.

4. Kentang

kesehatan wajah. Dilansir dari laman halodoc.com, kentang memiliki manfaat menyamarkan tanda-tanda penuaan karena mengandung vitamin C yang dapat menjadi anti oksidan alami.

Selain itu, kentang juga dapat membantu menghilangkan dan mengobati bekas jerawat apabila dimanfaatkan dengan yogurt maupun susu sebagai campuran masker tersebut.

5. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini cukup bermanfaat bagi kesehatan wajah, terutama untuk mengatasi jerawat. Dilansir dari laman halodoc.com, bawang putih memiliki beragam kandungan seperti vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Selain itu, bawang putih yang dicampur menggunakan susu dan air hangat juga dapat membantu mengencangkan wajah apabila dipakai sebagai masker secara teratur.

Nah, itulah beberapa masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan yang dapat ditemukan di dapur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan