Menu

Enak Sih Tapi Bisa Picu Bahaya! Simak 5 Camilan yang 'Haram' Konsumsi Penderita Diabetes, Nomor 2 Sering Dilanggar Nih!

12 Oktober 2023 16:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang kecanduan makanan manis. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty pasti tahu jika seseorang yang menderita diabetes pasti tak dianjurkan untuk makan makanan sembarangan, apalagi yang kandungan gulanya tinggi karena bisa picu gula darah semakin meningkat,

Mengutip dari sindikasi konten Jakarta.akurat.com ternyata ada penelitian ilmiah yang dimuat European Journal of Nutrition, bahwa 70 persen penderita diabetes dengan tipe 2 adalah akibat diet yang banyak mengonsumsi junk food, seperti minuman ringan, kentang goreng, dan keripik.

Selain itu, mengutip dari Healthline, Direktur medis di Amitabha Medical Clinic California Isaac Eliaz mengatakan, jika seseorang ingin mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, perubahan pola makan harus menjadi bagian dari strategi bersama dengan olahraga dan manajemen stres.

Bukan hanya itu, penderita diabetes juga harus menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula dan karbohidrat.

Menurut pedoman American Heart Associaton yang dikutip dari Style Craze, diketahui bahwa batas mengonsumsi gula adalah 100 hingga 150 kalori per hari.

Berikut ini adalah beberapa makanan atau cemilan yang pantang dikonsumsi untuk penderita diabetes:

1. Roti

Terlalu banyak roti dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin. Sebab, pada roti tawar memiliki indeks glikemik yang tinggi dibandingkan dengan roti multigrain.

2. Donat

Donat terbuat dari tepung olahan, mengandung gula, dan juga bahan-bahan yang tinggi lemak, sehingga untuk kesehatan penderita diabetes pun tidak baik.

3. Biskuit dan Kue

Memang sudah banyak diketahui bahwa kue dan biskuit manis dapat membuat ketagihan. Namun, bagi penderita diabetes kue dan biskuit memiliki kandungan gula, karbohidrat, dan pengawet yang tinggi dan berbahaya.

Oleh karena itu jika penderita diabetes ingin mengonsumsi kue dan biskuit, lebih baik membuatnya sendiri menggunakan bahan ramah diabetes berupa tepung gandum dan bahan lainnya.

4. Buah Kering dan Kalengan

Dengan melalui proses dehidrasi osmotik, buah kaleng bisa diawetkan dalam sirup gula. Pasalnya proses tersebut bisa menghancurkan serat, vitamin, dan meningkatkan jumlah kalori.

5. Granola Bar

Memang granola ini terbuat dari gandum, tetapi tidak sesehat oatmeal. Pasalnya, granola biasanya memiliki kandungan tambahan gula, madu, kacang-kacangan dan buah kering yang dapat menambah asupan kalori.

Catatan: Artikel ini merupakan sindikasi konten Herstory dengan Akurat.co.