Menu

5 Penyakit 'Bahaya' Ini Bisa Diobati oleh Daun Sirsak, Intip Yuk Kandungannya!

13 Oktober 2023 22:25 WIB

Daun sirsak. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Selain sirsaknya yang bisa diolah jadi minuman segar atau camilan enak lainnya, atau disantap langsung. Ternyata oh ternyata daun sirsak mengandung segudang manfaat yang bisa atasi berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk asam urat lho Moms.

Daun sirsak memiliki nama ilmiah Annona Muricata L. Ia sejenis tanaman berbunga yang buahnya bisa dikonsumsi.Diketahui, daun sirsak memiliki kandungan kalori sedikit dan sejumlah vitamin dan mineral, seperti yang ada pada buahnya.

Oleh karena itu daun sirsak dimanfaatkan untuk mengatasi beragam penyakit. Dalam daun sirsak juga ditemukan antioksidan penting lainnya, yakni pitosterol, tanin dan flavonoid.

Secara menyeluruh, antioksidan berperan dalam kesehatan tubuh. Banyak orang mengonsumsi daun sirsak dengan cara merebus daunnya maupun diseduh layaknya teh guna mendapat kandungan tersebut.

Mengutip dari sindikasi Jakarta.akurat.co, ini beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Kolesterol

Daun sirsak mampu membantu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol sebab daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat lebih terkontrol dengan adanya antioksidan tersebut.

Daun sirsak ini dapat dikonsumsi setiap hari dengan cara merebusnya dengan air dan meminumnya.

2. Mengobati Asam Urat

Menyembuhkan asam urat juga termasuk manfaat daun sirsak yang terdapat dalam salah satu jenis obat herbal.

Diketahui daun sirsak memiliki kandungan yang terbukti efektif bisa mengatasi penyakit tersebut.

Guna mendapatkan manfaat tersebut dengan hasil yang maksimal, daun sirsak dapat dikonsumsi setiap hari dengan cara mengambil 6 hingga 10 lembar daun sirsak dan memotongnya menjadi beberapa bagian.

Kemudian direbus dengan 2 hingga 3 gelas air, serta menunggu hingga air rebusan tinggal setengahnya.

3. Mengobati Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan kuat sehingga berdampak buruk pada kesehatan.

Dalam hal ini daun sirsak bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Pada daun sirsak yang memiliki zat antioksidan mampu melenturkan pembuluh darah supaya berjalan dengan lebih lancar.

Guna mendapatkan manfaat tersebut dengan hasil yang maksimal, daun sirsak dapat dikonsumsi pada pagi dan malam hari, dan minum 3 kali seminggu dengan merebus 8 lembar daun sirsak bersama dengan 3 gelas air.

4. Mengobati Maag

Karena daun sirsak memiliki zat yang mampu mengurangi peradangan dan juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit, maka obat yang sangat baik untuk maag yakni mengonsumsi daun sirsak.

Bukan hanya itu, daun sirsak juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pasalnya sistem imun yang aktif, maka proses penyembuhan maag yang biasanya lama bisa dipersingkat.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Melansir dari Medical News Today, diketahui bahwa daun sirsak memiliki kandungan senyawa Acetogenins annonaceous yang memberikan efek sitotoksik terhadap sel kanker payudara. Hal ini diketahui berdasarkan penelitian yang dilaporkan.

Diketahui, dalam penelitian tabung reaksi efek sitotoksik pada daun sirsak ditemukan bisa melawan dan membunuh sel-sel kanker payudara.

Bahkan dalam penelitian laboratorium lain daun sirsak juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker lain, seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker usus besar, kanker pankreas, kanker payudara, kanker darah, dan melanoma. 

Catatan: Artikel ini merupakan sindikasi konten Herstory dengan Akurat.co.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan