Menu

Cepat Sadari Moms! Ini Tanda Anak Inloteransi Laktosa yang Gak Boleh Diabaikan, Catat Ya!

19 Oktober 2023 16:55 WIB

Ilustrasi bayi sedang menangis. (Unsplash/Tim Bish)

HerStory, Jakarta —

Masih banyak sekali orangtua yang tak sadar akan alergi yang dialami si kecil. Salah satunya adalah ciri anak intoleransi laktosa. Padahal, hal ini bisa menghambat perkembangan dan aktivitas buah hati lho Moms!

Lalu, seperti apa sih ciri dan tanda anak memiliki intoleransi laktosa? Simak yuk ulasannya!

Dokter Umum Farhan Zubedi menjelaskan intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang kesulitan mencerna laktosa. Hal itu terjadi karena di tubuh seseorang kekurangan enzim laktase yang seharusnya mengubah laktosa menjadi glukosa dan juga galaktosa.

"Kalau laktase ini tidak ada, berarti laktosa tidak bisa dicerna, maka akan sampai ke usus besar. Di sini lah terjadinya fermentasi oleh bakteri di dalam usus besar tersebut sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala seperti diare, perut kembung, kram perut, ataupun bergas,” ungkap dr.Farhan melalui rilis MilkLife Lactose Free Choco Hazelnut dilansir dari sindikasi konten suara.com, pada Kamis (19/10/2023).

Melansir Cleveland Clinic menyebutkan ada beberapa tanda anak intoleransi laktosa yang perlu diwaspadai orangtua. Khususnya setelah anak minum susu atau konsumsi produk olahan susu seperti sebagai berikut:

  • Kotoran encer dan gas, terutama saat anak mengonsumsi produk susu.  
  • Diare encer dengan gas.
  • Perut kembung, gas dan mual.
  • Ruam kulit dan sering masuk angin.
  • Sakit perut umum dan kram.

Disebutkan juga intoleransi laktosa tak sama dengan alergi susu. Ini karena berbeda dengan alergi susu yang bekerja secara sistem di seluruh tubuh dan bisa terlihat sejak satu tahun pertama kehidupan anak.

Sedangkan intoleransi laktosa hanya mempengaruhi pencernaan, dan umumnya baru terlihat saat bayi dan balita.

Sehingga alih-alih tak mengonsumsi susu yang baik untuk anak karena mengandung vitamin, mineral, protein hingga kalsium, dr. Farhan lebih menyarankan konsumsi susu yang tak mengandung laktosa.

“Beberapa manfaat lain susu yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh terutama bagi tulang dan gigi,” jelas dr. Farhan.

Pernyataan ini juga diakui Head of Commercial PT Global Dairi Alami, Soegiono yang mengingatkan pentingnya memilih susu yang membuat perut anak tetap nyaman.

"Melalui campaign #BeraniBanyakPengen, Anda tidak perlu lagi berkompromi, karena kini tersedia susu yang sesuai dengan preferensi Anda. Penderita intoleransi laktosa tidak perlu lagi khawatir dengan pilihan rasa susu bebas laktosa," timpal Soegiono.

Artikel Pilihan