Menu

Waduh! Afgan Gak Sadar Tidur Sambil Masak Mi Instan, Simak Yuk Bahaya Sleep Eating dan Kenali Gejalanya!

19 Oktober 2023 18:15 WIB

Afgan

HerStory, Jakarta —

Kini terungkap bahwa ternyata Penyanyi Afgansyah Reza memiliki gangguan sleep eating atau makan sambil tidur. Bahkan, ia bisa memasak mi instan di tengah-tengah tidur nyenyaknya tanpa disadari. Lalu, apakah kondisi seperti ini bahaya?

Fakta ini terungkap saat Afgan jadi bintang tamu acara Lapor Pak. Parahanya salah satu gangguan tidur yang dialami pelantun Bukan Cinta Biasa ini bukan sekedar makan biasa, karena ia sampai melakukan aktivitas memasak.

"Cuman gue sleep eating, lagi tidur tiba-tiba makan. Gue pernah lagi tidur tetiba gue bikin mi instan, terus tumpah baru sadar pas gue bangun," ujar Afgan dikutip pada Kamis (19/10/2023).

Sementara itu melansir Cleveland Clinic, menyebutkan makan sambil tidur alias sleep eating (SRED) adalah salah satu perilaku abnormal saat tidur parasomnia. Kondisi ini menyebabkan orang menyiapkan dan memakan makanan saat mereka sedang tidur.

Uniknya saat orang dengan sleep eating terbangun mereka hanya punya sedikit atau bahkan tak ingat sama sekali tentang apa yang telah mereka lakukan.

Sleep eating bisa disebabkan obat-obatan tertentu, seperti obat penenang untuk tidur. Bisa juga terjadi pada orang yang memiliki gangguan tidur lain, seperti restless leg syndrome (RLS).

Kondisi yang alami Afgan ini bisa berbahaya karena dapat mengakibatkan luka dan goresan saat proses memasak, seperti luka bakar hingga sayatan. Bahkan bukan tak mungkin orang dengan kondisi ini juga mengonsumsi zat non-makanan yang mungkin beracun.

Namun sleep eating cenderung terjadi bersamaan dengan gangguan tidur lainnya seperti sindrom kaki gelisah alias RLS. Beberapa obat, seperti obat penenang untuk insomnia, dapat menyebabkan sleep eating. Inilah sebabnya pengobatannya bisa dengan menghentikan pemberian obat insomnia hingga perubahan gaya hidup.

Sleep eating terdiri dari dua jenis yang disebabkan obat-obatan dan yang disebabkan gangguan tidur lainnya.

Tapi sleep eating tak sama dengan sindrom makan malam alias NES, yang membuat orang terbangun di tengah tidurnya untuk makan agar bisa kembali tertidur.

Apalagi NES umumnya membuat penderita benar-benar terjaga dan ingat bahwa tadi malam dirinya makan saat terbangun di pagi hari.