Menu

Beda Jenis antara Karbohidrat Biasa dan Komplek, Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kontrol Berat Badan dan Gula Darah, Sudah Tahu Belum?

20 Oktober 2023 15:00 WIB

Makanan karbohidrat. (Pinterest/rover.ebay)

HerStory, Jakarta —

Moms apakah kamu sudah tahu ternyata karbohidrat pun terdiri dari beberapa jenis lho, ada karbohidrat biasa dan ada juga karbohidrat kompleks. Nah, ternyata karbohidrat kompleks diketahui lebih sehat dan bergizi sehingga baik untuk tubuh. Biasanya karbohidrat ini ditemukan di roti, nasi, gandum, dan kacang polong.

Meski begitu, Moms harus tahu jika karbohidrat sederhana maupun karbohidrat kompleks sama-sama dibutuhkan oleh tubuh, tapi Moms juga harus tahu jenisnya agar bisa menerapkannya sebagai menu diet yang seimbang.

Perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana

Mengutip dari laman Alodokter yang sudah ditinjau oleh dr. Kevin Adrian, untuk karbohidrat sederhana itu terdiri dari gula dasar yang mudah dicerna. Moms bisa menemukan karbohidrat sederhana dalam sayuran dan buah, salah satunya di dalam ketimun dan okra. Di sisi lain, demi kesehatan keluarga Moms harus tahu jika tak semua karbohidrat sederhana itu sehat jika dikonsumsi sehari-hari, salah satunya karbohidrat yang ada dalam kue kering, puding, jus, roti, soda, dan permen.

Makanan-makanan tersebut memang mengandung karbohidrat sederhana tapi sayang pengolahannya sudah ditambahkan gula.

Di sisi lain, perbedaannya dengan karbohidrat kompleks susunannya lebih rumit atau kompleks sehingga lebih lama dicerna oleh tubuh. Berkaitan dengan itulah karbohidrat kompleks dinilai lebih sehat untuk penderita diabetes atau seseorang yang sedang menjalankan diet karbo. Selain itu, karbohidrat kompleks itu pun jenis yang baik untuk ibu hamil.

Manfaat karbohidrat kompleks untuk tubuh

Meski kedua karbohidrat sangat diperlukan untuk tubuh sebagai bahan energi, melawan penyakit, atasi rasa lelah dan kendalikan berat badan. Tapi di sisi lain, ternyata karbohidrat kompleks memiliki nutrisi lain, seperti serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh.

Tak heran jika karbohidrat kompleks ini umumnya lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga akan menghasilkan energi yang maksimal dan memberikan efek kenyang dalam jangka yang lama. Karbohidrat kompleks sendiri itu juga dibagi dua jenis, serat dan pati.

Serat ini sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan dan kontrol kolesterol, biasanya karbohidrat kompleks jenis serat ini ditemui dalam biji-bijian, seperti kacang, gandung, akar bunga teratai, sayur, buah, dan beras merah.

Tak sampai di situ saja karbohidrat kompleks pun bisa ditemukan dalam buah-buahan seperti buah ara, pisang tanduk, kedongdong, raspberry.

Sementara untuk karbohidrat jenis pati, itu mengandung banyak pati dibandingkan seratnya, biasa ditemukan dalam nasi, sereal, gandum utuh, jagung, kentang, dan kacang polong.

Untuk Moms penderita diabetes atau yang sedang diet sebaiknya jaga asupan karbohidrat kompleks ini karena bisa kendalikan berat badan dan kunci hidup sehat sehingga bida meminimalkan dari risiko diabetes tipe 2 dan gangguan jantung.