Menu

Perut Kembung Bikin Gak Nyaman? Ini 3 Hal yang Redakan, Bisa Jadi Jurus Pamungkas!

26 Oktober 2023 09:35 WIB

Ilustrasi perut kendur setelah melahirkan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Perut kembung adalah hal yang sangat normal untuk dirasakan beberapa orang. Biasanya, hal ini dipicu karena adanya penumpukan gas yang terbentuk dari aktivitas harian seperti makan dan minum. Kamu sering merasakannya gak Beauty?

“Gas dapat menumpuk di usus saat kamu menelan udara ketika makan, atau saat bakteri di usus besar memecah makanan yang tidak sepenuhnya dicerna di usus kecil,” kata Jordan Hill, RD, dari Top Nutrition Coaching.

Selain disebabkan aktivitas makan dan minum, Jordan juga menjelaskan bahwa perut kembung bisa juga disebabkan sembelit atau fluktuasi hormonal.

Nah, jika perut kembung sudah dirasakan tak nyaman, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan perut kembung seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1. Sering konsumsi probiotik

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar perut gak kembung, yaitu sering konsumsi probiotik. Diketahui, probiotik penting sekali untuk kesehatan usus, dan kamu  mendapatkannya dalam bentuk makanan maupun suplemen.

“Yogurt adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan probiotik dalam makanan kamu,” kata Courtney Schuchmann, RD, ahli gizi di University of Chicago Medicine. Selain yogurt, jenis pangan yang difermentasi juga bisa jadi sumber probiotik lain. Misalnya saja, sauerkraut (kol atau kubis yang difermentasi), kombucha, atau kefir.

2. Minum air yang cukup

Langkah selanjutnya untuk meredakan perut kembung, adalah pastikan kalau tubuh kamu tetap terhidrasi. Makanya, lebih banyak minum air putih jika selama ini kamu terbiasa kurang minum.

Matthew Bechtold, MD, ahli gastroenterologi di University of Missouri Health Care menjelaskan bahwa minum air bisa melunakkan tinja sehingga lebih gampang dikeluarkan.

Dengan demikian, perut kembung yang disebabkan sembelit bisa lebih cepat reda. Gak hanya itu, hidrasi yang baik juga bisa meningkatkan sekresi lendir di usus dan motilitas usus secara keseluruhan sehingga sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

3. Kurangi garam

Coba perhatikan apakah kamu sering mengalami perut kembung setelah mengonsumsi makanan asin, seperti keripik, mi instan, ataupun makanan gurih lainnya? Kalau iya, artinya kamu perlu mengurangi konsumsi garam dengan mengerem makan makanan asin.

Ingat, lho, berdasarkan rekomendasi Food and Drug Administration, sebaiknya konsumsi garam harian bagi orang dewasa tak lebih dari 2.300 miligram natrium atau sekitar satu sendok teh garam.

Nah, itu tadi beberapa tips redakan perut kembung yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat ya Beauty!