Menu

Tiati Jika Sakit Kepala Hebat, Bisa Jadi Gejala Stroke, Cusss Kenali Gejala Lainnya!

26 Oktober 2023 16:05 WIB

Ilustrasi sakit kepala. (Freepik/nakaridore)

HerStory, Jakarta —

Beauty tahukah kamu terkait kondisi seseorang yang menderita stroke. Rupanya para penderita stroke mengalami gangguan dalam mengalirkan darahnya ke bagian otak, bahkan ada kemungkinan terhenti peredaran darahnya secara tiba-tiba. Berkaitan dengan itu,  tidak segera ditangani, stroke dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan bahkan kematian.

Penting bagi kita untuk memahami gejala stroke, termasuk gejala ringan yang mungkin sering terlewatkan. Mengutip sindikasi konten Yoursay.suara.com, ini 5 gejala stroke ringan yang harus diwaspadai.

1. Kebingungan atau kesulitan berbicara

Salah satu gejala awal stroke ringan adalah kesulitan berbicara atau mengungkapkan pikiran. Penderita stroke ringan mungkin mengalami kebingungan, sulit menemukan kata yang tepat, atau mengeluarkan kata-kata yang tidak terkait dengan konteks pembicaraan. 

2. Kesemutan atau kelumpuhan pada satu sisi tubuh

Gejala stroke ringan juga dapat berupa kesemutan atau kelumpuhan pada satu sisi tubuh, seperti tangan, kaki, atau wajah. Jika kamu mengalami gejala ini, jangan abaikan, segera periksakan diri ke dokter.

3. Mengalami gangguan penglihatan

Perubahan mendadak dalam penglihatan juga bisa menjadi salah satu tanda stroke ringan. Hal ini ditandai dengan adanya penglihatan yang kabur atau kehilangan penglihatan pada salah satu mata.

4. Mengalami pusing yang parah

Jika kamu mengalami pusing yang hebat dan tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi gejala stroke ringan. Pusing yang disertai dengan kesulitan berjalan atau keseimbangan yang terganggu nyatanya harus kamu waspadai. Segeralah hubungi layanan darurat jika kamu mengalami gejala ini.

5. Sakit kepala yang hebat

Sebagian besar orang mungkin mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu, tetapi sakit kepala yang hebat dan tiba-tiba dapat menjadi tanda stroke ringan.

Jika kamu memiliki riwayat sakit kepala migrain atau sakit kepala yang sering berhubungan dengan stres, perhatikan apakah ada perbedaan dalam intensitas atau pola sakit kepala tersebut. Apabila sakit kepala sangat parah dan tidak kunjung mereda, maka sebaiknya segera cari pertolongan medis.

Itulah sejumlah gejala stroke ringan yang perlu kamu waspadai. Untuk mencegah stroke ringan atau stroke yang lebih serius, penting untuk menjalani gaya hidup sehat.

Hindari merokok, kurangi konsumsi alkohol, pertahankan berat badan yang sehat, serta lakukan aktivitas fisik secara teratur. Selain itu, perhatikan juga tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah agar tetap dalam rentang normal.

Catatan: Artikel ini merupakan sindikasi konten Herstory dengan Suara.com.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan