Menu

Bikin Haid Makin Lancar, Ini 4 Bahan Alami yang Tokcer Dikonsumsi saat Menstruasi, Nomor 2 Khasiatnya Bukan Kaleng-kaleng!

28 Oktober 2023 09:58 WIB

Ilustrasi wanita saat merasakan nyeri menstruasi. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Pastinya seorang wanita mengalami menstruasi atau haid setiap bulannya. Namun, proses peluruhan dinding rahim itu gak terjadi secara teratur pada beberapa wanita. Biasanya, ini disebabkan oleh kondisi tertentu seperti pola hidup tak sehat, stres, gangguan hormon dan yang lainnya.

Secara normal, siklus menstruasi akan terjadi dalam kurun waktu 21-35 hari dengan jangka waktu haid selama 3 sampai 7 hari.

Upaya dalam mengatasi hal ini adalah bisa dengan mengonsumsi obat pelancar haid menggunakan bahan alami, karena lebih minim efek samping.

Seperti melansir dari siloamhospitals.com melalui sumber sindikasi konten suara.com, berikut ini adalah beberapa obat yang bisa melancarkan haid secara alami.

1. Teh Chamomile

Teh Chamomile bisa menjadi obat pelancar haid karena di dalamnya mengandung senyawa antioksidan dan antiradang sehingga bisa juga menjadi obat untuk meredakan nyeri haid. 

Kemudian, caranya adalah dengan menyeduh 1 kantung teh chamomile pada segelas air hangat dan diamkan selama beberapa menit, lalu tambahkan satu sendok makan madu murni agar rasanya manis.

2. Kunyit

Tanaman kunyit memang dikenal sebagai obat alami dalam melancarkan haid apalagi kunyit terdapat senyawa yang mempunyai efek seperti hormon estrogen dan bisa melancarkan haid agar lebih teratur. 

Kemudian kunyit pun mempunyai kandungan kurkumin yang mempunyai sifat antiradang sehingga dapat membantu mengatasi keluhan seperti salah satunya adalah gejala PMS (premenstrual syndrome) dan dysmenorrhea.

3. Teh Jahe

Teh jahe juga bisa menjadi obat alami melancarkan haid hal ini karena teh jahe disebut bisa mengurangi rasa nyeri dan kram otot selama masa menstruasi. 

Supaya lebih enak, coba tambahkan ramuan teh jahe ini dengan perasaan lemon dan madu agar rasanuya manis segar. 

4. Kayu Manis

Kayu manis pun bisa menjadi obat pelancar haid karena mampu mengendalikan kadar hormon insulin dalam tubuh. Apalagi hormon insulin ini bisa memengaruhi kerja hormon reproduksi yang memicu siklus menstruasi tak teratur terutama bagi penderita PCOS (polycystic ovarian syndrome).

Demikianlah tadi beberapa beberapa bahan alami untuk mengobati agar haid bisa lancar. Semoga bermanfaat Beauty. 

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza