Menu

Jadi Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi Penting, Ini 4 Sinyal yang Wajib Diperhatikan! Nomor 3 Pasti Banyak yang Merasakan!

03 November 2023 22:35 WIB

Ilustrasi pikun di usia muda (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ketika kekurangan nutrisi, rupanya tubuh akan memberikan sinyal kepada kita lho Beauty. Perlu diketahui nutrisi seperti vitamin, mineral, maupun zat gizi lain sangat diperlukan tubuh. Maka dari itu, kamu harus mengamanti gejala atau segala perubahan yang terjadi pada tubuhmu sekecil apapun itu.

Lalu, sinyal tubuh seperti apa yang bisa mengindikasikan kalau kamu defisiensi zat gizi penting? Dilansir thehealthy.com melalui laman sindikasi konten suara.com, berikut beberapa gejala kekurangan nutrisi yang perlu kamu perhatikan.

1. Kulit kepala mengelupas

Saat menggaruk kepala dan muncul serpihan yang berjatuhan bisa jadi kamu langsung mengira ketombe. Padahal, tak juga, lho. Kulit kepala mengelupas seperti ini bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asam lemak.

“Asam lemak esensial, seperti omega-3, adalah pelumas bagi tubuh kita,” jelas Staci Small, RD, ahli diet dan pemilik The Wellness Philosophy di Greenwood, Indiana. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tanpa asam lemak esensial yang cukup, kulit jadi kering.

Agar tubuh bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang cukup, pastikan untuk mengonsumsi ikan setaknya dua kali per minggu.

2. Bibir pecah-pecah dan sariawan di mulut

Selain rambut, bagian tubuh lain seperti mulut juga bisa menampakkan gejala saat kekurangan nutrisi tertentu. Di antaranya bibir pecah-pecah dan sariawan yang bisa terjadi akibat defisiensi vitamin B12.

Olivia Wagner, MS, RDN, ahli diet di WholeHealth Chicago menyarankan selain mengonsumsi suplemen, penting juga mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya dengan vitamin B12. Beberapa contoh jenis makanan sumber vitamin B12 antara lain, daging unggas, daging merah tanpa lemak, serta telur.

3. Sering merasa lelah

Walaupun sudah cukup tidur tapi tetap sering merasa lelah, bisa jadi disebabkan tubuh kamu kekurangan vitamin D. Untuk mengatasinya, selain berjemur di sinar matahari yang cukup, kamu pun perlu mengonsumsi berbagai asupan kaya vitamin D seperti susu, yogurt, ikan sarden, atau jamur.

4. Memar pada kaki

Jika kamu hanya terbentur sesuatu dan mendapatkan memar yang sangat parah, kemungkinan kadar vitamin C dalam tubuhmu rendah. Diketahui, vitamin C berperan penting dalam membantu tubuh memproduksi kolagen yang terlibat dalam pembuatan pembuluh darah.

Menurut Staci Small, RD, sering memar bisa jadi pertanda kalau pembuluh kapiler di tubuh kamu melemah sehingga memungkinkan terjadinya memar. Beberapa jenis makanan kaya vitamin C yang bisa kamu konsumsi, antara lain buah stroberi, mangga, jeruk, ataupun sayur brokoli.

Pastikan untuk mengonsumsi asupan bergizi dan seimbang agar gejala-gejala tadi gak sampai kamu alami, ya.

Artikel Pilihan