Menu

Selain Melebapkan, Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun Bagi Tubuh

01 Maret 2021 09:10 WIB

Ilustrasi Jojoba Oil (Pinterest/MujerDe)

HerStory, Jakarta —

Gak hanya melebapkan kulit, minyak zaitun punya seudang manfaat lainnya bagi tubuh lho. Beauty sudah tahu belum?

Minyak zaitun terkenal dengan khasiatnnya yang baik untuk kecantikan kulit wajah, yaitu mampu melebapkan. Selain itu banya manfaat minyak zaitun lainnya seperti untuk memasak.

Minyak yang berasal dari buah zaitun dengan cara ditumbuk dan digiling ini ternyata mengasilkan minyak yang bermanfaat bagi tubuh. Sebenarnya minyak zaitun adalah konsentrat lemak yang diperoleh dari pemerasa buah zaitun yang telah dipanen.

Heabtnya, minyak zaitun memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan baik bagi tubuh. Dalam 100 ml minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44% AKG harian) dan 100 gram lemak total, yang dapat mencukupi 153% kebutuhan lemak harian tubuh. Meskipun kandungan lemaknya besar, asam lemak yang dikandungnya ini lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak baik.

Pada dunia kecantikan, minyak zaitun terkenal mengandung vitamin E yang baik untuk melebapkan kulit. Dalam 15mg vintamin E yang mencukupi 72% kebutuhan harian tubuh.Disamping itu, minya zaitun memiliki kandungan omega-3 dan omega-6, vitamin K yang mampu mencukupi 75% kebutuhan harian tubuh, serta gak mengandung kolestrol, karbohidrat, dan lemak jahat.

Dilansir dari berbagai sumber (01/03/2021), berikut segudang manfaat minya zaitun yang baik bagi tubuh:

Memperbaiki Rambut Bercabang

Rambut bercabang membuat penampilanmu menjadi kurang percaya diri karena terlihat rambut menjadi rusak. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan antioksidan yang tinggi yaitu vitamin A dan vitamin E dapat membantu memperbaiki rambut kering bercabang akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan sedikit minya zaitun ke kulit kepada dan ujung-ujung rambut yang masih basah. Hal ini dapat mengurangi sensasi lengket dan lepek karena berminya karena masih ada sisa air di kulit kepala yang mengunci minyak.

Disamping itu, kandungan antioksidan yang tinggi dapat melindungi keratin rambut dan menahan kelembapan rambut. Keratin adalah protein pembentuk rambut yang berfungsi sebagai pelindung rambut dari stres dan kerusakan.

Menurunkan Risiko Depresi

Sebuah studi dilakukan di Universitas Las Palmas de Gran Canaria di Spanyol yang dipublikasikan di PLoSOne menjelaskan bahwa khasiat minyak zaitun tampaknya berpotensi untuk mencegah dan atau menurunkan risiko depresi,.

Hal tersebut dikarenakan minyak zaintung mengandung lemak tunggal tak jenuh yang merupakan baik. Berbeda dengan orang yang mengonsumsi banyak makanan cepat saji dan makanan kemasan dipercaya memiliki risiko yang tinggi terkena depresi dibandingkan orang yang mengonsumsi makanan sehat seperti minyak zaitun.

Penelitian melaporkan bahwa semakin banyak lemak trans yang dikonsumsi seiring waktu dapat meningkatkan risiko munculnya stres. Lemak trans ini banyak dijumpai pada makanan siap saji dan makanan kemasan.

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Peneliti asal Universitat Autonoma de Barcelona di Spanyol menemukan bahwa salah satu manfaat minyak zaitun berpotensi melindungi tubuh dari kanker payudara. Menurut para peneliti, khasiat ini gak ditemukan pada jenis minyak nabati lainnya.

Hasil temuan ini didapat setelah mereka melakukan uji coba terhadap sel kultur sel kanker payudara yang diteteskan minyak zaitun. Minyak zaitun mengurangi aktivitas sel kanker tipe p21Ras, mencegah kerusakan DNA dan mempercepat kematian sel tumor.

Wah banyak sekali ya manfaat minyak ziatun bagi tunbuh kita? Gak nyangka bisa menurunkan risiko kanker payudara.