Menu

Ingin Hilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami? Intip Yuk Tipsnya!

01 Maret 2021 13:30 WIB

Ilustrasi wanita meggunakan skincare. (Pinterest/byrdie.com)

HerStory, Jakarta —

Munculnya flek hitam karena berbagai faktor dapat menganggu kepercayaan diri. Namun ini semua bisa diatasi dengan bahan-bahan yang alami.

Salah satu faktor utama munculnya flek hitam karena kulit wajah kamu terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu adapun faktor lain diantaranya bekas jerawat, perubahan hormon, dan genetik.

Sinar matahari dapat meningkatkan produksi sel melasonit yang menghasulkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit. Hal inilah yang menyebabkan munculnya flek hitam apabila kamu sering terpapar sinar matahari.

Oleh karena itu kamu bisa mencegah munculnya flek hitam dengan menggunakan sunscreen di siang hari. Penggunaan sunscreen gak hanya ketika kamu keluar rumah, namun ketik di rumah saja pun perlu agar kulit kamu terlindung dari paparan sinar matahari yang masuk melalui cela-cela pintu dan jendela.

Kamu bisa menghilangkan flek hitam dengan bahan-bahan alami karena dipercaya bisa menimalisir munculnya iritasi. Bahan-bahan alami membantu meningkatkan produksi pigmen alami kulit sehingga bisa menyamarkan flek hitam.

Dilansir dari berbagai sumber (03/01/2021), berikut cara menghilangkan flek hitam menggunakan bahan-bahan alami.

Lidah Buaya

Gak hanya membantu melembapkan kulit wajah, lidah buaya juga bisa menghilangkan flek hitam. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan tingkat melanin dalam sel. Tetapi ada juga batasan terhadap penggunaan lidah buaya agar gak menimbulkan efek samping.

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa aloin dan asam salisilat. Kedua senyawa ini berfungsi untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Untuk penggunaanya, kamu dapat oleskan gel lidah buaya langsung pada wajah yang terdapat flek hitamnya.

Madu

Madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya dalam dunia kecantikan. Madu mengandung zat antibiotik sehingga bisa membantu penyembuhan luka secara alami. Selain itu, madu juga bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Kamu bisa menggunakan madu dengan mengoleskannya ke area wajah yang terdapat flek hitam. Kamu bisa gunakannya rutina ketika malam hari dan biarkan madu meresap semalaaman kemudian bilas dengan air di pagi hari.

Sari Lemon

Sari lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin C juga sebagai agen depigmentasi efeketif menurunkan pembentukkan melanin.

Agar mendapat sari lemon, kamu bisa memerasnya terlebih dahulu. Kemudian oleskan sari lemon pada kulit wajah yang memiliki flek hitam dengan kapas lalu diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif jangan langsung mengoleskannya ke wajah ya. alangkah baiknya, kamu campurkan sari lemon dengan air putih agar gak terjadi iritasi.

Bahan-bahannya mudah sekali didapat ya Beauty? Gunakan secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal ya!

Artikel Pilihan