Menu

Musim Hujan Melanda, Ini Rekomendasi Obat Herbal untuk Cegah Batuk Pilek, Penyakit Langganan Keluarga Nih Moms!

16 November 2023 20:55 WIB

Ilustrasi anak batuk-batuk (africa-studio.com/Olga Yastremska and Leonid Yastremskiy)

HerStory, Jakarta —

Kini musim hujan sudah mulai tiba. Alhasil, beberapa penyakit mungkin saja berdatangan dan yang paling umum menyerang adalah batuk. Sebenarnya, batuk bukan terjadi karena hujan lho Moms namun pada dasarnya batuk disebabkan oleh infeksi virus.

Dilansir melalui alodokter melalui sindikasi konten suara.com, rupanya cuaca dingin bisa menjadikan tubuh rentan terkena batuk.

Untuk mencegah hal itu beberapa rekomendasi obat herbal yang bisa membantu untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam kondisi yang prima ketika musim hujan tiba.

1. Teh Madu Hangat

Madu memiliki rasa yang manis, rasa manis akan meningkatkan produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan yang kering dan mengurangi rasa gatal pada tenggorokan. Antioksidan pada madu dapat meredakan peradangan yang menyebabkan batuk.

Cara membuat teh madu hangat sangat mudah lho Moms, cukup gunakan saja madu sebagai pengganti gula saat membuat teh manis.

2. Air Rebusan Jahe

Jahe memiliki zat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan. Dilansir dari alodokter , untuk membuat air rebusan jahe cukup masukkan tiga gelas air ke dalam panci dan rebus hingga mendidih kemudian  tambahkan satu ruas jahe yang sudah diiris-iris biarkan selama 10 menit lalu tiriskan. Air rebusan jahe bisa ditambah madu agar terasa manis.

3. Teh Chamomile dan Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi dan dapat membantu tubuh mempercepat penyembuhan dari infeksi virus dan bakteri. Sedangkan teh chamomile memiliki zat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan serta kandungan flavonoid yang memiliki efek penenang dan membantu untuk tidur.

Tidur nyenyak merupakan bagian penting untuk proses pemulihan. Teh chamomile bisa didapatkan di supermarket besar dengan kemasan seperti the celup atau bisa juga dengan merebus bunga chamomile kering dan tambahkan jeruk nipis.

4. The Licorice (The Akar Manis)

Glycyrrihizin di dalam akar manis bersifat antiallergen dan membantu mengencerkan dahak serta zat antiinflamasi agar dapat meredakan peradangan pada tenggorokan.

Untuk membuat teh ini diperlukan dua batang licorice yang direbus dengan air atau bila licorice berbentuk serbuk, cukup rebus satu gelas air dengan setengah sendok the akar manis bubuk.

5. The Peppermint

Sensasi dingin dari teh peppermint membantu meredakan rasa sakit. Peppermint juga mengandung antimikroba dan antioksidan yang dapat melawan kuman penyebab batuk. Teh peppermint celup bisa ditemukan di supermarket besar, bila tak terlalu suka rasa mint yang terlalu menyengat bisa ditambah madu atau lemon.