Menu

5 Rekomendasi Menu Makan Malam yang Tinggi Kandungan Gizinya, Dijamin Gak Bikin Gemuk Moms!

16 November 2023 16:26 WIB

Makan malam (Unsplash/National Cancer Institute)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu dan keluarga sedang menjalani pola hidup yang sehat? Hal itu pasti sangat berkaitan dengan pola makan yang ikut jadi sehat.

Nah, salah satu hal sering jadi perhatian adalah makan malam. Itu karena makan malam seringkali menjadi kekhawatiran beberapa individu karena dianggap bisa bikin gemuk.

Sebenarnya makan malam tidak bikin gemuk lho, asalkan kalian bisa mengatur porsi makanan dan jenis makanan apa yang akan kalian konsumsi.

Sebenarnya makan malam memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi, dan memberikan energy yang diperlukan untuk tubuh setelah aktivitas sepanjang hari.

Maka pentingnya makan malam tidak boleh diabaikan, tetapi harus diperhatikan pula menu makanan yang akan dikonsumsi.

Menu Makan Malam Sehat

Dikutip dari sindikasi Akurat.co, berikut adalah rekomendasi menu makan malam yang sehat:

1. Pepes Ikan

Salah satu opsi yang bisa menjadi andalan dalam menu sehat adalah Pepes Ikan. Pepes ikan adalah hidangan tradisional Indonesia yang diolah dengan cara dibungkus dan dipanggang atau dikukus.

Pepes ikan cenderung rendah kalori dan lemak, sebab diolah dengan dikukus tanpa digoreng menggunakan minyak. Selain itu juga akan mendapatkan protein dari ikan. Sehingga menu ini merupakan menu sehat yang cocok untuk makan malam.

2. Kentang Kukus

Kentang kukus adalah makanan sehat yang bisa kalian jadikan menu makan malam, kentang kukus akan memberikan sejumlah manfaat kesehatan tanpa menambahkan lemak atau kalori berlebih.

Kentang adalah sumber serat yang baik, yang membantu menjaga perut kenyang lebih lama dan mendukung pencernaan yang sehat, padukan bersama sayuran hijau lainnya untuk menambahkan unsur nutrisi lebih banyak.

3. Dada ayam

Dada ayam merupakan sumber protein yang rendah lemak dan tinggi nutrisi, menjadikannya pilihan yang ideal untuk menu makan malam yang sehat.

Selain itu dada ayam hampir bebas karbohidrat, menjadikannya opsi yang baik untuk diet rendah karbohidrat, olah dada ayam dalam berbagai cara seperti direbus, dipanggang, dan tambahkan sayuran hijau agar lebih seimbang.

4. Salmon

Salmon adalah ikan yang kaya akan nutrisi dan dapat menjadi menu makan malam kalian. Protein esensial dari salmon penting untuk mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh dan fungsi metabolism.

Selain itu salmon juga hampir bebas karbohidrat, menjadikannya pilihan yang sesuai untuk menu sehat. Salmon bisa dipanggang atau disajikan sebagai bahan pokok dalam salad.

5. Ubi Kukus

Ubi kukus adalah sumber karbohidrat yang sehat, dan membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil. Sehingga cocok dijadikan menu makan malam kalian.

Memilih menu makan malam yang bergizi dan sehat adalah langkah penting untuk menjaga pola makan yang sehat. Dengan memasukkan variasi menu di atas, kalian dapat menikmati makan malam tanpa khawatirkan berat badan.

Catatan: Artikel ini merupakan sindikasi konten Herstory dengan Akurat.co

Artikel Pilihan