Menu

Bikin Insecure, Ini 5 Tips Mudah Hempas Komedo Permanen Anti Repot, Asiknya Punya Wajah Mulus!

24 November 2023 15:55 WIB

Ilustrasi komedo hitam di wajah. (Pinterest/stylecraze.com)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang pasti pernah mengalamu muka beruntusan atau masalah kulit lainnya yang menyebalkan seperti komedo atau yang sering disebut sebagai blackhead. Itulah mengapa banyak sekali orang yang mencoba berbagai cara untuk menghilangkan komedo.

Pasalnya, komedo seringkali menampakan diri di sekitar hidung dan membuat kulit terasa kasar bahkan muncul sebagai bintik putih hingga hitam yang kamu bisa lihat di depan cermin. Nyebelin banget kan, Beauty?

Namun, komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat oleh sisa-sisa kulit, sebum, dan minyak yang terperangkap di dalamnya. Warna hitam pada komedo disebabkan oleh oksidasi akibat paparan udara. Jadi, sebenarnya, itu bukanlah tanda bahwa kulit kita tak sehat, tetapi hanya efek samping dari proses alami yang terjadi di dalam pori-pori kita.

Meskipun terkadang terlihat seperti masalah sepele yang bisa diatasi dengan mudah, namun kita semua tahu bahwa komedo bisa menjadi masalah yang cukup bertahan lama. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa trik dan tips untuk menghadapi masalah kulit ini secara efektif.

Berdasarkan penjelasan dari beberapa dermatolog seperti Blair Murphy-Rose, MD, FAAD dan Lauren Penzi, MD, FAAD, terkait beberapa tips menghilangkan komedo secara permanen dilansir dari Byrdie, sebagai berikut ini:

1. Bersihkan kulit secara rutin

Untuk menjauhkan diri dari hingar-bingar komedo, pastikan kulitmu selalu mendapat perhatian ekstra. Rajin membersihkan wajahmu secara menyeluruh menjadi langkah pertama yang tak boleh terlewat. Terutama bagi yang suka berdandan, double cleansing menjadi kunci kebersihan. Sisa-sisa makeup dan kotoran bisa jadi penyebab utama pertumbuhan komedo lho.

Sementara itu, bagi para pejuang jerawat, produk pembersih dengan kandungan asam salisilat bisa menjadi andalan. Jangan ragu untuk mencoba membersihkan pori-pori secara optimal dengan formula ini. 

2. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi, atau pengelupasan kulit, masih menjadi kunci utama dalam menjaga kulit tetap segar. Sel kulit mati yang numpuk bisa jadi biang keladi masalah kulit yang tak diinginkan. Nah, untuk itu cobalah untuk melakukan eksfoliasi menggunakan produk dengan kandungan asam glikolat. Tak perlu setiap hari, cukup satu sampai dua kali seminggu, dan kamu akan melihat perbedaan signifikan pada kulitmu. 

3. Perawatan retinol

Bagi yang telah memasuki usia 20 tahun ke atas, perawatan kulit menjadi semakin penting untuk mencegah kerutan yang bisa datang tanpa diundang. Salah satu rahasia perawatan ini adalah penggunaan retinoid, yang tak hanya berfokus pada pencegahan kerutan, tetapi juga efektif untuk menanggulangi komedo dan jerawat.

Formula yang berfokus pada regenerasi kulit, retinoid menjadi senjata ampuh untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan bebas dari berbagai masalah yang mungkin muncul.

4. Gunakan pore strip

Ketika komedo mulai menyapa di area wajah, terutama di sekitar hidung, pore strip bisa menjadi solusi darurat. Kamu pasti merasakan penggunaan pore strip ini memberikan kepuasan tersendiri saat melihat komedo terangkat. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa penggunaan pore strip sebaiknya tak berlebihan.

Lebih baik fokus pada perawatan pencegahan komedo secara berkala untuk hasil yang lebih maksimal dan menjaga kesehatan kulit wajah dengan baik. 

5. Sunscreen

Saat berbicara tentang perawatan kulit, sunscreen seolah menjadi salah satu produk yang wajib direpurchase. Tak hanya berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari, tapi juga menjaga kita dari dampak buruk polusi. Tapi, penggunaan sunscreen dapat membantu menjaga ukuran pori-pori agar tetap terkendali dan tak membesar menjadi sarang komedo.

Semoga tips-tips tadi membantu kamu untuk menghempas komedo dan menjadikan kulitmu lebih sehat. Ingatlah, perawatan kulit adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, selamat merawat kulit dan tetap confident!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.