Menu

Jangan Salah Kaprah, Meski Sering Dianggap Ampuh untuk Penyakit Liver, Ternyata Temulawak Gak Bisa Jadi Obat Utama, Kok Bisa?

27 November 2023 10:40 WIB

Temulawak (Unsplash/Foodism360)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu ternyata penyakit liver yang dikenal juga sebagai penyakit hati disebabkan oleh banyak faktor, termasuk paparan virus dan konsumsi alkohol yang terus menerus. Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter, untuk gejala liver itu ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kekuningan, pembengkakan  pada kaki dan pergelangan kaki. Selain itu, penderitanya pun rentan mengalami kelelahan kronis.

"Pengobatan penyakit hati ini berbeda-beda tergantung penyebab penyakit hati tersebut," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Senin (11/27/2023).

Sementara itu, ada satu obat tradisional yang kerap dijadikan obat untuk penyakit liver, itu adalah temulawak.

"Temulawak tanaman yang berfungsi sebagai obat untuk penyakit liver yang melindungi hati dari hepatotosik yang dimana kandungan hepatotoksik ini dapat merusak hati," jelas dr. Riza.

Meski begitu, ternyata temulawak gak bisa dijadikan sebagai obat utama Beauty, hanya bisa dijadikan sebagai obat utama karena tak akan efektif jika hanya menggunakan temulawak.

Cara mengolahnya sendiri, Beauty bisa coba memotong temulawak, lalu rebus dengan setengah liter air, tunggu sampai air setengahnya berkurang. Sisa airnya bisa dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari.

"Namun sebelum itu sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter penyakit dalam yang mengatasi penyakit liver ini. apakah dibolehkan atau tidak karena ada beberapa kontraindikasi pengobatan tradisional dengan sakit dan obat yang dikonsumsi," saran dr. Riza.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan