Menu

Ternyata Bagus untuk Ibu Hamil, Ini 3 Manfaat Ajaib Lele untuk Kesehatan Tubuh! Moms Sudah Tahu Belum?

29 November 2023 22:15 WIB

Lele Balado (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang sangat lazim ditemukan di Indonesia. Ikan ini memiliki ciri identik memiliki kumis dan sisik yang lebih lembut ini dikenal sebagai jenis ikan predator yang cukup tangguh dan dapat hidup dalam kondisi esktrim seperti air berlumpur ataupun kondisi kekurangan air.

Meskipun seringkali dianggap sebelah mata karena dapat hidup di lingkungan yang kotor, akan tetapi ikan lele juga dikenal memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dikenal memiliki harga yang relatif murah lho Moms. Bahkan, karena kandungan gizinya yang tinggi, ikan ini juga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut 3 manfaat mengonsumsi ikan lele bagi ibu hamil dikutip dari laman halodoc.com.

1. Mengandung Banyak Sumber Vitamin

Ikan lele merupakan satu dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang dikenal memiliki kandungan vitamin yang cukup besar. Melansir dari laman USDA Food Data Central, ikan ini memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin B12, vitamin B, vitamin B9 dan asam folat. Kandungan-kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga pertumbuhan pada janin dan menjaga kesehatan sang ibu.

Kandungan asam folat yang terdapat pada ikan lele juga cukup baik untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin saat kehamilan. Melansir dari artikel “Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More”, asam folat tersebut berperan untuk memaksimalkan pertumbuhan sistem saraf pada janin dan mengurangi risiko cacat pada tulang belakang.

2. Rendah Kandungan Merkuri

Meskipun hidup di sekitar dasar sungai atau kolam tambak, akan tetapi ikan lele ternyata menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang cukup rendah merkuri atau zat logam. Melansir dari artikel berjudul “Low Mercury And Safe! The Benefits Of Catfish In Pregnancy”, daging ikan lele memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah apabila hidup dalam pengolahan kolam tambak yang cukup baik. Bahkan, kandungan merkuri dalam lele hasil budidaya jumlahnya cukup kecil dan setara dengan mengonsumsi ikan tuna maupun salmon.

3. Kaya Kandungan Lemak Sehat

Selain tinggi protein, ikan lele juga dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun, lemak ini merupakan jenis lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh. Melansir dari artikel “Is Catfish Safe to Eat in Pregnancy? Mercury Levels & More”, lemak sehat tersebut merupakan jenis asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk pertumbuhan sistem saraf otak dan kekebalan pada bayi. Bahkan, kandungan omega-6 tersebut juga membantu membentu aliran darah dan jantung yang sehat pada janin.

Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi ikan lele bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua ya Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan