Menu

Moms, Si Kecil Takut Disuntik? Ini 4 Tips Untuk Menenangkannya

02 Maret 2021 12:10 WIB

Anak disuntik. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Anak-anak seringkali mendapatkan vaksinasi yang membuatnya harus berhubungan dengan jarum suntik. Nggak jarang, si kecil mulai menangis dan berontak ketika akan disuntik. Nah, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk menenangkannya.

Merasa takut dengan jarum suntik adalah hal wajar yang dialami anak-anak. Jangan dimarahi ya, Moms kalau si kecil menangis karena ketakutan. Nanti, dia bisa trauma.

Untuk menenangkan si kecil, berikut adalah empat hal yang harus Moms lakukan seperti ditulis Parents, (02/03/2021).

1. Katakan yang sebenarnya

Kalau anak bertanya apakah ia akan disuntik atau tidak, jangan mengelabui mereka. Pastikan mereka tahu bahwa dengan suntikan tersebut menjaga mereka dan bukan sebuah hukuman.

Katakan kalau nanti akan sedikit sakit tapi hanya beberpa detik. Selain itu, pastikan ketika selesai tunjukkan wajah bahagia bahwa proses ini sudah selesai.

2. Tak perlu beritahu jauh-jauh hari

Mengatakan apa yang nanti dilakukan boleh tapi jangan jauh-jauh hari. Kalau mengatakan kepada mereka akan disuntik, bisa saja merusak mood mereka dalam seminggu ke depan.

3. Sebelum disuntik buat ia rileks

Sebelum disuntik, pecah fokusnya dengan bermain-main, mengajaknya untuk bernyanyi, menceritakan cerita lucu. Sehingga pada saat disuntik si kecil nggak terlalu kaget.

4. Tetap di dekatnya

Bila anak berteriak histeris, biarkan suster atau dokter yang menenangkan. Namun pastikan kita berada dekat mereka.