Menu

Beauty Jangan Gunakan Kandungan Ini Ketika Berjerawat

02 Maret 2021 11:40 WIB

Ilustrasi kulit wajah yang berjerawat. (Getty Images/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, gak perlu risau jika jerawat sedang muncul. Nmaun Beauty harus memperhatikan kandungan dari skincare yang digunakan sebab ada beberapa kandungan skincare yang justru memperparah jerawat.

Jerawat terjadi karena penyumbatan kotoran di pori-pori. Selain itu, jerawat bisa muncul karena pengaruh hormonal seperti akan datang bulan, stres, kurang minum air putih, mengonsumsi makanan yang gak sehat atau yang lainnya.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Beauty juga perlu menggunakan skincare untuk menumpas tuntas jerawat. Namun Beauty harus memperhatikan kandungan apa yang bagus untuk jerawat atau yang gak sama sekali diperbolehkan untuk jerawat. Jangan asal membeli produk skincare ya ketika berjerawat!

Produk skincare yang mengandung vitamin C memang baik untuk jerawat. Namun kamu gak bisa menggunakannya dengan kandungan AHA/BHA. Jika kamu menggunakan produk ini secara bersamaan akan memperah jerawatmu dan menimbulkan iritasi.

Selain itu, ada juga kandungan skincare lainnya yang gak baik untuk jerawat. Maka dari itu, kamu harus menghindari beberapa kandungan skincare ini ya.

Dilansir dari berbagai sumber (02/02/2021), berikut kandungan skincare yang harus kamu hindari ketika berjerawat

Retinol

Retinol memang bagus sebagai anti-aging, tetapi kamu jangan gunakannya untuk mengatasi jerawat. Retinol dapat membuat kulit merah, berjerawat, mengelupas, dan sangat kering. Oleh karena itu retinol harus dihindari ketika kamu sedang berjerawat.

Sebenarnya produk skincare yang mengandung retinol baik sebagai anti-aging. Hal ini telah dibuktikan bahwa retinol dapat menyamarkan garus-garis halus dan meratakan warna kulit.

Alkohol

Beauty kandungan alkohol pada produk skincare sebaiknya dihindari. Kandungan alkohol seperti Ethanol, SD Alcohol 40, Denatured Alcohol, dan Isopropyl Alcohol bisa membuat kulit kamu menjadi kering hingga iritasi.

Oleh karena itu, alkohol sangat dilarang bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif dan mudah berjerawat. Namun alkohol juga bsa mengerinkan jerawat dan membuat jerawat jadi cepat kempes. Kamu bisa menggunakan alkohol ini seperlunya saja.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi dalam dunia kecantikan, minya kelapa gak bisa digunakan secara berlebihan karena menimbulkan efek smaping yang negatif.

Jika kamu menggunakan minya kelapa berlebihan pada kulit wajah, khususnya yang sedang berjerawat maka ada efek samping yang ditimbulkan. Penggunaan minyak kelapa secara berlebihan dapat membuat pori-pori kamu tersumbat sehingga memunculkan masalah baru bagi kulit.

Jadi harus berhati-hati ya Beauty dalam memilih produk skincare ketika sedang berjerawat. Jangan sampai skincare-mu membuat kondisi jerawat semakin parah.