Menu

Musim Hujan di Depan Mata, Ini 3 Buah yang Wajib Dikonsumsi untuk Kuatkan Imun! Buktikan Sendiri Khasiatnya!

07 Desember 2023 12:55 WIB

Anak perempuan menggunakan payung dan bermain dengan air hujan. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Umumnya, di penghujung tahun negera Indonesia akan memasuki musim hujan dan di bulan Desember inilah masa-masa tersebut akan terjadi.

Bahkan, hampir setiap hari sekarang sudah mulai turun rintik-rintik hujan. Itulah mengaoa wajib sekali untuk sadar akan kesehatan tubuh dan beberapa penyakit yang mungkin akan menyerang.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga sistem imun dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat mempertebal daya tahan. Berikut ini merupakan 3 jenis buah yang disarankan dikonsumsi saat musim penghujan guna mempertebal sistem imun pada tubuh yang dikutip dari laman hellosehat.com melalui laman sindikasi konten suara.com.

1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang hampir pasti dapat ditemui di seluruh daerah di Indonesia. Buah yang terkenal dengan warna oranye ini juga dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Melansir dari artikel berjudul “Vitamin C and Immune Function” yang terbit dalam laman Nutrient, satu buah jeruk berukuran sedang hingga besar dapat memiliki kandungan vitamin C sebesar 30-32 mg.

Jumlah yang tergolong besar tersebut cukup untuk memenuhi sekitar 35%-42% kebutuhan vitamin C harian pada manusia menurut AKG (Angka Kecukupan Gizi). Vitamin C tersebut dapat membantu memperkuat sistem imun pada tubuh guna menghadapi perubahan iklim dan cuaca seperti saat memasuki musim hujan. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat infeksi.

2. Mangga

Buah yang memiliki aroma yang cukup khas ini ternyata juga cukup dianjurkan untuk dikonsumsi saat musim hujan. Melansir dari laman USDA Food Data Central, buah mangga kaya akan vitamin C dan vitamin A yang baik untuk memperkuat sistem imun saat memasuki musim penghujan. Selain itu, buah mangga juga kaya akan beberapa mineral seperti selenium dan zinc yang baik bagi tubuh.

Selenium merupakan salah satu senyawa yang dapat menangkal radikal bebas karena sifatnya yang antioksidan. Selain iu, senyawa ini apabila dikombinasikan dengan zinc dapat mengurangi efek peradangan dan membantu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh.

3. Jambu

Jambu merupakan salah satu jenis buah yang cukup lazim dikonsumi oleh masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki warna daging kemerahan tersebut juga diyakini mampu mengatasi beberapa penyakit seperti demam dan batuk. Melansir dari penelitian yang dipublikasikan dalam “International Journal of Science”, setiap 100 gram buah jambu mengandung sekitar 228 mg vitamin C. jumlah tersebut tentunya tergolong cukup besar dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada seseorang.

Selain itu, kandungan serat pada buah jambu juga cukup besar dan mampu memperlancar sistem pencernaan pada tubuh dan menstabilkan jumlah mikroba baik pada usus. Seimbangnya jumlah mikroba dan bakteri baik pada sistem pencernaan juga dapat menjaga tubuh dari paparan radikal bebas.

Nah, itulah beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat musim hujan guna memperkuat sistem imun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua ya Moms!

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza