Menu

Busui Merapat! Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi Agar Ibu dan Si Kecil Sehat

02 Maret 2021 12:40 WIB

ilustrasi ibu menyusui (Pexels/Wendy Wei)

HerStory, Jakarta —

Ibu menyusui atau busui memerlukan banyak energi untuk menyusui dan merawat bayi. Oleh karena itu, busui harus mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi agar tetap sehat.

Memberikan ASI atau menyusui adlaah fase yang ditunggu oleh setiap ibu setelah melahirkan. Agar kualitas ASI yang diberikan kepada bayi bernutrisi tinggi, oleh karena itu busui harus menunjangnya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Setelah melahirkan, munculah kewajiban baru bagi seorang ibu yaitu menyusui. Dalam fase ini ibu menyusui bayi dengan ASI (Air Susu Ibu), agar ASI yang dimiliki bagus, busui harus mengonsumsi makanan yang sehat dan begizi tinggi.

Kualitas ASI sangat mempengaharui kesehatan bayi. Untuk mendapatkan kualitas ASI yang bagus, busui dibantu dengan makanan sehat yang mengandung nutrusi. Lewat ASI inilah si bayi akan mendapatkan nutris I yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Menyusui juga dapat membakar kalori yang cukup banyak pada tubuh. Jadi Moms gak perlu repot-repot untuk melakukan progam diet lagi ya! Moms hanya perlu menjaga kualitas ASI dengan baik agar si kecil dapat nutrisi yang baik pula.

Dilansir dari berbagai sumber (02/02/2021), berikut berbagai jenis makanna yang harus dikonsumsi oleh busui.

Sayur Katuk

Khasiat daun katuk sudah terkenal sangat baik untuk ibu menyusui. Daun katuk bermanfaat untuk melancarkan ASI dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Hal ini disebabkan karena daun katuk mengandung banyak nutrisi seperti asam folat, vitamin A, vitamin B, dan Vitamin C yang mampu meningkatkan hormon prolaktin.

Selain itu, daun katuk juga mengandung polifenol yang dapat menigkatan kadar prolaktin. Oleh karena itu, bagi busui snagat dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk.

Busui dapat mengonsumsinya dengan memadupadakan kreasi menu makanan. Moms dapat mengonsumsinya dengan di sayur dengan menambahkan jagung dan juga wrotel atau tumis. Moms bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera Moms.

Bayam

Selain daun katuk, Moms juga bisa mengonsumsi bayam. Sayuran bayam mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Bayam juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin K sehingga bisa mencerdaskan otak bayi.

Nasi Merah

Gak hanya bagus untuk progam diet, nasi merah juga bagus untuk ibu menyusui. Nasi merah mengandung kalori yang berguna untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi.

Salmon

Ternyata ikan salmon bagus untuk ibu menyusui lho. Ikan salom biasanya digunakan sebagai bahan makanan sushi atau mentai. Ikan salmon memang memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Ikan salmon dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Hal ini disebabkan ikan salmon mengandung DHA yang bermanfaat membantu mengembangkan sistem sarafnya.

Sebenarnya ASI sendiri sudah mengandung DHA, tetapi kandungannya gak lebih tinggi dibandingkan dengan salmom. Oleh karena itu, ikan salom baik dijadikan makanan penunjang ASI.

Yogurt

Yogurt dipercaya snagat baik dalam membantu sistem pencernaan manusia. Gak hanya itu, yogurt juga bermanfaat bagi tulang sang ibu dan bayi karena mengadung lemak dan tinggi kalsium.

Selain itu, Moms juga bisa mengkreasikan yogurt kedalam menu makanan sehingga menghasilkan makanan yang lezat. Mengonsumsi makanan yang lezat dan bernutrisi sangat baik bagi suasana hati sang ibu dan bayi.

Jadi ini dia makanan yang bagus Moms konsumsi ketika sedang menyusui. Asupan gizi yang baik akan mempengahrui kesehatan Moms dna tumbung kembang si kecil.