Menu

Berapa Persen Tingkat Kegagalan Kondom dalam Mencegah Kehamilan, Simak Yuk Moms-Dads Penyebabnya!

08 Desember 2023 23:05 WIB

Illustrasi kondom yang dilepas dari vagina (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms dan Dads kalian pasti tahu jika kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi. Menurut penjelasan dr. Devika Yuldharia di laman Alodokter, kondom sendiri merupakan alat kontrasepsi non hormonal yang bisa cegah penularan penyakit seksual menular jika dipakai dengan benar.

Nah di sisi lain, untuk kehamilan, menurut dr. Devika, tingkat efektivitasnya bisa mencapai 98% saat PakSu menggunakan kondom sebelum bercinta.

"Dengan demikian, jika digunakan dengan benar maka kemungkinan kegagalan kondom hanya sekitar 2% saja," jelas dr. Devika dikutip Herstory, Jumat (12/8/2023).

Nah, untuk penyebabnya sendiri, menurut dr. Devika itu bisa terjadi saat kondom rusak, salah satunya kondom yang berlubang tanpa disadari, pemakaian kondom yang kurang tepat, maupun kondom yang lepas saat penetrasi.

"Jika Anda dan suami sudah menggunakan kondom dengan benar dan kondom dalam kondisi baik, maka kondom akan efektif mencegah kehamilan," jelas dr. Devika.

Di sisi lain, sang dokter pun menyarankan Moms dan Dads untuk konsultasi dengan dokter jika ingin mencegah kehamilan agar bisa diberikan opsi terkait alat kontrasepsi paling nyaman menurut Moms dan Dads.

Artikel Pilihan