Menu

Gak Kaleng-kaleng! Ini 6 Manfaat Jambu Biji, Cocok Banget Dikonsumsi saat Musim Hujan Ini Moms!

11 Desember 2023 22:35 WIB

Buah jambu biji. (Pexels/Any Lane)

HerStory, Jakarta —

Kini musim hujan sudah tiba. Biasanya, pada musim ini penyakit flu dan batuk mudah sekali muncul. Rupanya, jambu biji bisa jadi obat mujarab lho Moms!

Yups, buah yang sering ditemukan di hampir di semua daerah tropis ternyata banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khusus buah jambu biji merah, begitu dikenal sebagai buah yang diyakini banyak manfaatnya untuk kesehatan. Bahkan, jambu merah sangat baik untuk pemulihan kebugaran tubuh setelah sakit.

Menurut berbagai penelitian para ahli, buah jambu merah memiliki banyak kandungan gizi.

Diketahui, jambu biji merupakan buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan di bagian utara dan Amerika Tengah.

Buah jambu ini memiliki warna kulit hijau atau kuning sedikit kehijauan dengan daging warna merah atau putih.

Kesegaran rasa dan aroma jambu biji ini, khususnya yang berwana merah begitu segar dengan citarasa manis sedikit asam sehingga sangat nikmat jika disajikan dalam bentuk jus dingin. 

Baik yang merah maupun putih, buah jambu biji ini  sama-sama mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dalam buah jambu biji dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh sehari-hari.

Sementara itu, kandungan gizi dalam 100 gram buah jambu menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, di antaranya: 86 gram air, 49 kkal energi 0,9 gram protein, 0,3 gram lemak, 12,2, gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 0,6 gram abu, 14 mg kalsium.

Buah jambu juga mengandung 28 mg fosfor, 11 mg zat besi, 10 mg natrium, 52,8 mg kalium, 0,02 mg tembaga 0m3 mg zinc, 27 mcg beta karoten, 25 mcg karoten total, 0,02 mg vitamin B1, 0,03 mg vitamin B2, 87 mg vitamin C, 0,8 mg niasin.

Selain nutrisi, buah jambu biji juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti folat atau vitamin B9 dan vitamin A. Sedangkan, kandungan karoten yang ada di buah jambu biji merah ini yaitu likopen yang menjadi senyawa pemberi warna merah dalam buah-buahan. 

Diungkap dalam Food Insight, likopen adalah senyawa antioksidan yang berguna untuk melawan berbagai radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh yang jadi pemicu penyakit kronis seperti kardiovaskular dan kanker. 

Berikut ini beberapa manfaat jambu biji merah untuk kesehatan:

1. Membangun Sistem Kekebalan Tubuh 

Kandungan vitamin C dalam jambu biji kadarnya lebih tinggi beberapa kali lipat dari buah jeruk. Vitamin C adalah antioksidan yang ampuh membantu membangun sistem kekebalan tubuh.

Senyawa ini akan bekerja untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh. 

2. Meredakan Flu dan Batuk 

Jika rutin dikonsumsi, buah jambu biji dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Antioksidan yang terkandung di dalam jambu biji bisa membantu melindungi jantung dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas. 

Sementara itu, kandungan kalium dalam jambu biji bisa membantu mengatur tekanan darah dan seratnya dapat menurunkan kadar kolesterol. 

3. Melancarkan Saluran Pencernaan 

Kandungan serat yang ada di dalam jambu biji juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Dalam satu biji merah dapat mengandung 12% serat untuk kebutuhan harian tubuh. 

Dengan mengkonsumsi buah jambu bisa membantu terhindar dari sembelit, mengurangi penyakit diare srta menjaga kesehatan usus.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Dalam berbagai penelitian terungkap, semua bagian dari tumbuhan jambu biji m, mulai dari daun, buah, dan bijinya memiliki khasiat untuk melawan sel kanker, semisal kanker leukimia, melanoma, usus besar dan prostat. 

Kandungan vitamin C, quercetin dan likopen yang ada dalam buah jambu biji bersifat anti kanker dan anti oksidan.

5. Ampuh Turunkan Gula Darah 

Buah jambu biji, mempunyai manfaat untuk menurunkan tingkat gula darah. Buah jambu biji bagus untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. 

Buah jambu biji memiliki indeks glikemik yang cukup rendah dengan serat tinggi, sehingga bisa membantu mencegah naiknya gula darah.

Disamping itu, para ahli juga meyakini jika mengkonsumsi teh daun jambu biji bisa menurunkan tingkat gula darah bagi penderita diabetes melitus tipe 2. 

6. Menjaga Kesehatan Jantung 

Dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin bisa membantu meningkatkan kesehatan organ jantung.

Kandungan antioksidan jambu biji diyakini ampuh melindungi jantung dari berbagai kerusakan karena radikal bebas. 

Kemudian, kandungan kalium dalam buah jambu biji ampuh membantu mengelola tekanan darah. Sementara serat dapat menurunkan tingkat kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan jantung. 

Demikian bahasan soal manfaat jambu biji untuk kesehatan kita. Selama mencoba Moms!

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan