Menu

Pilihan Produk Skincare Makin Banyak, Gimana Sih Cara Pilih yang Tepat untuk Kulit?

19 Desember 2023 10:40 WIB

Ilustrasi wanita pakai skincare saat lagi buru-buru (Sumber/Pexels)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini produk skincare sangat laris di pasaran bahkan eksistensinya sudah mudah ditemui dimana-mana dan banyak orang 'melek' akan menjaga kesehatan kulit dan kecantikannya.

Namun sayangnya, masih banyak pula konsumen yang bingung memilih produk yang cocok untuk kulitnya bahkan sering tertipu oleh klaim produk yang mahal namun tak efektif.

Mengutip laman American Society for Dermatologic Surgery melalui laman sindikasi konten suara.com, masih ada konsumen yang percaya skincare mahal adalah yang terbaik lho Beauty. Padahal harga tinggi tak selalu menjamin kesesuaian dengan jenis kulit tertentu. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk mengenali jenis kulit mereka sebelum membeli produk. Apakah kulit kering, berminyak, kombinasi, atau normal, faktor ini memengaruhi bagaimana produk berinteraksi dengan kulit.

Sebelum membuat keputusan pembelian, baca label produk untuk menemukan bahan aktifnya. Jika terdapat bahan yang tak dikenal, lakukan riset untuk memahami cara kerjanya. Dengan melakukan penelitian dan memahami jenis kulit serta bahan-bahan produk, konsumen dapat membuat pilihan yang lebih cerdas dalam perawatan kulit tanpa resep, menjauhi produk yang mahal namun tak memberikan hasil yang diharapkan.

Menyadari tingginya kebutuhan konsumen akan brand skincare dan kecantikan yang terpercaya, Sociolla, sebagai omni-retailer kecantikan terkemuka di Indonesia, kembali menggelar Sociolla Award 2023, sebuah acara penghargaan kecantikan terpercaya di tanah air. Tahun ini, Sociolla Awards mengusung 28 kategori nominasi yang melibatkan 54 brand dan 140 produk, termasuk perawatan kulit, makeup, perawatan rambut, perawatan tubuh, dan yang terbaru, parfum.

Dalam upaya untuk memberikan penghargaan tertinggi kepada brand ternama, baik lokal maupun internasional, Sociolla menggandeng 28 kategori dan melibatkan para ahli melalui SOCO Experts, seperti Makeup Artist terkemuka Ryan Ogilvy dan dokter Claudia Christin. Christopher Madiam, Co-Founder, President, and CEO of Social Bella, menyatakan bahwa Sociolla Awards menjadi ajang apresiasi tertinggi bagi mitra brand sejak 2019, mendorong inovasi dan kualitas produk.

"Ajang ini juga turut mendorong mereka untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sedangkan bagi para pelanggan, Sociolla Awards merupakan panduan utama untuk menemukan produk kecantikan dan perawatan diri terbaik, yang pastinya aman dan berkualitas," tuturnya dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Proses pemilihan produk terbaik menekankan transparansi dan kepercayaan, dengan nominasi yang dipilih berdasarkan 100 persen ulasan nyata dari pengguna. Kolaborasi dengan lembaga penelitian independen, Alvara Research Center, menegaskan komitmen Sociolla terhadap evaluasi yang tak memihak dan ketat.

"Kami sangat senang dapat kembali bekerja sama untuk tahun kedua ini dengan tujuan yang sama, yakni memprioritaskan proses evaluasi yang tak memihak dan sangat ketat. Kolaborasi yang terus terjalin bersama dengan Sociolla menekankan dedikasi bersama untuk mengedepankan transparansi dan kredibilitas dari ajang penghargaan ini," tutur Lilik Purwandi, Deputy Chief Statistician Officer di Alvara Research Center.

Produk yang dinominasikan harus memiliki registrasi BPOM, dijual resmi di Sociolla hingga 31 Oktober 2023, dan mendapat rating 4.00 atau lebih dengan minimal 50 Real User Reviews mulai 1 November 2022 hingga 31 Oktober 2023. Nominasi terdiri dari lima produk teratas, dipilih berdasarkan jumlah ulasan dan rating real user, kemudian diputuskan oleh pengguna SOCO secara real-time.

Christopher menekankan pentingnya proses evaluasi yang adil dan transparan untuk menciptakan acara penghargaan kecantikan yang mencerminkan sentimen pengguna. Pemenang Sociolla Awards 2023 akan diumumkan pada Januari 2024, menjadi tonggak penting dalam industri kecantikan yang berfokus pada kualitas dan eksistensi brand. Para SOCO Experts, seperti Ryan Ogilvy dan Claudia Christin, turut memberikan apresiasi atas transparansi dan kualitas Sociolla Awards, menggarisbawahi peran pentingnya dalam menghargai produk kecantikan yang berasal dari pengguna asli.

Artikel Pilihan