Menu

Kulit Mulus bak Idol Kpop Bukan Lagi Mimpi, Ini Cara Mudah Cerahkan Kulit Menurut Dokter, Nyesel Lho Kalau Gak Coba!

20 Desember 2023 14:55 WIB

Irene Red Velvet (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Bagi masyarakat Indonesia, kulit putih adalah standar kecantikan. Bahkan, sudah tak jarang lagi orang yang ingin memutihkan dirinya dengan berbagai cara agar bisa masuk ke dalam standar kecantikan dan lebih percaya diri.

Gak cuma itu saja, bahkan banyak pula yang menjadikan kulit putih para idol Kpop sebagai acuan. Lalu, apakah bisa orang Indonesia memiliki kulit seputih itu?

Faktanya, warna kulit asli setiap manusia dipengaruhi secara genetik serta letak geografis tempat tinggalnya. Itu sebabnya, kulit orang Indonesia kebanyakan memang tak bisa seputih orang-orang keturunan Korea maupun di negara barat.

Dokter Spesialis Kulit dr. Riris Asti Respati Sp.DV juga menegaskan bahwa tak ada produk skincare apa pun yang bisa mengubah kulit jadi nampak putih. Klaim yang lebih realistis menurutnya justru membuat kulit nampak lebih cerah.

"Yang perlu diluruskan adalah istilahnya, bukan putih tapi cerah. Jadi sebetulnya skincare itu kalau mau klaim lebih cocok mencerahkan, bukan memutihkan. Karena seputihnya kita orang Asia, gak mungkin bisa seputih orang barat atau bule," jelas dokter Riris ditemui di Jakarta X Beauty di Senayan, Jakarta, dilansir pada Rabu (20/12/2023).

Dalam ilmu kedokteran juga tak ada pengobatan atau perawatan yang bisa mengubah warna dasar kulit atau skintone seseorang jadi nampak putih. Istilah yang tepat, lanjut dokter Riris, sebenarnya kukut nampak lebih cerah. Namun, batasan tingkat cerah pada setiap orang juga berbeda-beda, karena hal ini sangat dipengaruhi secara genetik.

"Cara paling gampang cek kulit kita tercerah seperti apa, lihat aja lengan bagian dalam. Atau yang jarang pakai pakaian terbuka bisa dada. Secerahnya paling sampai situ," saran dokter Riris.

Apabila ada perawatan yang mengubah skintone jadi tiba-tiba putih, dokter Riris mengingatkan bahwa hal itu justru harus diwaspadai. Terutama produk skincare dengan klaim bisa membuat kulit lebih putih, karena justru biasanya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

"Kalau misalnya tiba-tiba putih, pasti ada sesuatu yang aneh. Sebenarnya itu kontroversial, kaya skincare apa yang bisa bikin putih banget. Jadi musti dicek dulu, ada enggak database, penelitian sudah ada belum. Memang, jadi konsumen mesti pintar. Jadi putih, pakai apa, itu harus research lagi penelitiannya sudah ada atau belum," pesannya.