Menu

Gak Cuma Enak Dimakan, Ini 5 Buah yang Bisa Bantu Kencangkan Kulit dan Bikin 10 Tahun Lebih Muda! Mau Buktikan Gak Beauty?

26 Desember 2023 18:30 WIB

Buah Citrus (Sumber/iStock)

HerStory, Jakarta —

Tentu saja dalam hidup, penuaan adalah salah satu proses yang tak bisa dihindari. Namun, kamu tetap bisa menjaga kesehatan kulit agar kencang tahan lama kok, Beauty.

Salah satu cara untuk melambatkan penuaan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Dilansir dari laman skinkraft melalui laman sindikasi konten suara.com, simak yuk ada apa saja sih buah yang bisa membantu kulit semakin kencang dan tampak lebih muda?

1. Buah Berry

Buah berry seperti blueberry, raspberry, dan strawberry mengandung tinggi antioksidan seperti vitamin C, E, dan fitokimia. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan mempercepat proses penuaan. Vitamin C dalam buah berry juga membantu proses produksi kolagen dan protein yang memberikan kekuatan serta kekencangan pada kulit.

2. Jeruk Citrus

Jeruk citrus seperti jeruk sitrus, lemon, dan jeruk bali kaya akan vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kerutan. Selain itu, vitamin C juga membantu mencerahkan kulit dan memberikan perlindungan dari sinar matahari.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan omega-3 yang membantu menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Kandungan vitamin E dalam alpukat juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan lingkungan.

4. Kiwi

Kiwi adalah sumber vitamin E, vitamin C, dan antioksidan lainnya yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C dalam kiwi merangsang produksi kolagen, sedangkan vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit dan melindungi dari radikal bebas.

5. Tomat

Buah tomat mengandung likopen, pigmen alami yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas. Mengonsumsi tomat juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Selain mengonsumsi buah-buahan, penting juga untuk menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan. Minum cukup air, tidur yang cukup, olahraga teratur, serta menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu juga berkontribusi pada kesehatan kulit yang optimal.

Artikel Pilihan